Selasa, 08 Maret 2016

Camat Nusaniwe Jangan Bohongi Publik Dan Pemkot Ambon

Sek PARKINDO : Camat Nusaniwe Jangan Bohongi Publik
Ambon, Bedah Nusantara.com: Pernyataan Camat Nusaniwe Roby Talakua bahwa dirinya melakukan pengontolan secara baik terhadap Bantuan Pemerintah Baik Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD)terutama pada Negeri Seilale, seperti pemberitaan pada salah satuu Media lokal di Maluku Senin (07/3) itu sama sekali adalah sebuah proses pembohongan publik.

Alagi Jika yang bersangkutan menyatakan bahwa salah satu contoh konkrit hasil kinerjanya, adalah pada Negeri Seilale-Latuhalat, sama sekali hal itu adalah sebuah proses pembohongan yang dilakukan oleh Camat Nusaniwe.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekertaris Dewan Pimpinan Daerah (Sekda) Partisipasi Kristen Indonesia (PARKINDO) Maluku yang juga pendamping Masyarakat dan Kelompok Peduli Masyarakat Negeri Seilale. Steve Palyama kepada Media ini Selasa (08/3) diAmbon.

Menurut Palyama, apa yang dikatakan oleh camat Nusaniwe yang juga Plt. Raja Seilale Roby Talakua. Adalah tindakan pembohongan, apalagi jika dirinya berbicara terkait bukti konkrit hasil kerja pengawasannya di Negeri Seilale, itu adalah proses pembohongan,.

" Pa Camat Nusaniwe jangan melakukan pembohongan terhadap masyarakat dan pemerintah Kota Ambon, selama ini Camat Nusaniwe yang juga Plt. Raja Seilale, sama sekali tidak melakukan hal apapun yang berkaitan dengan peryataan yang bersangkutan pada Media Metro Maluku Pada Senin (07/3), bahwa dirinya melakukan pengawasan terhadap Penggunaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa(ADD) yang dikucurkan bagi negeri Seilale. Saya memiliki sejumlah data hasil penggunaan kedua dana Tersebut dan ketika penggunaan dana tersebut tidak sesuai apa yang ada pada juknis Perwali No. 15 Tahun 2015 Tentang Dana Desa (DD) dan Perwali No.21 Tahun 2015 Tentang Alokasi Dana Desa (ADD), bahkan kenyataan dilapangan sama sekali tidak seuai dengan apa yang diamanatkan oleh kedua aturan tersebut, padahal untuk Negeri Seilale pada Tahun 2015 mereka menerima dana ADD sebesar Rp.90.420.887 dan Dana Desa (DD) sebesar Rp. 305.893.351,98 ".

Diterangkannya, Camat Nusaniwe (Plt. Raja Seilale) selama ini hanya berada di kantornya dan tidak pernah meninjau masyarakat dan hasil kerja dari pihak-pihak pengguna dan penanggung jawab Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Milik Negeri Seilale. Bahkan masyarakat Negeri Seilale saja sebagian besar hingga hari ini belum mengetahui secara baik, bahwa dirinya (Roby Tahalele.Red) adalah Plt. Raja Seilale untuk yang kedua kalinya, sehingga jika masyarakat banyak saja tidak semua yang tahu bahwa beliau adalah Plt. Raja Seilale tahap kedua, lantas bagaimana mungkin beliau bisa mengatakan beliau melakukan pengawasan secara baik terhadap aliran dana DD dan ADD dan melibatkan seluruh masyarakat dalam mengawal dan mengawasi penggunaan dan tersebut, apakah ini bukan sebuah pembohongan publik?.

" Jika Camat Nussaniwe (Plt. Raja Seilale. Red) mengatakan bahwa beliau melakukan pertemuan dengan Masyarakat dan Saniri serta RT, sebelum penggunaan dana DD dan ADD tahun anggaran 2015, saya mau sampaikan bahwa  bapak camat Nusaniwe jangan merekayasa. sebab tidak ada masyarakat yang tahu berapa dana ADD dan DD yang diterima oleh Negeri Seilale untuk tahun anggaran 2015 lalu, sehingga ketika penggunaannya tidak benar dilapangan masyarakat tidak bisa melakukan protes dan pengaduan terhadap penggunaannya, selain itu kalau Camat Nusaniwe mengatakan bahwa beliau melakukan Rapat dengan Saniri dan RT, di Negeri Seilale, itu hanya pada sekelompok saja yang dekat dengan beliau (Camat. Red) sedangkan masyarakat sama sekali tidak dilibatkan. sehingga jangan Camat Nusaniwe melakukan pembohongan publik dengan menyatakan bahwa beliau mengadakan pertemuan dengan Masyarakat Negeri Seilale soal penggunaan dan besaran Dana DD dan ADD yang diterima Negeri Seilale, terutama untuk Tahun anggran 2015 kemarin". Tegas Palyama.

Ditambahkannya, " saya sendiri pernah melaporkan secara langsung kepada Camat Nusaniwe terkait dugaan penyalah gunaan dana DD dan ADD untuk Tahun 2015, dikantor beliau. akan tetapi sama sekali tidak pernah ditindak lanjuti oleh Camat Nusaniwe, malah yang bersangkutan meberikan alasan yang sama sekali relefan dengan kenyataan dilapangan, yang selama ini dialami dan diresahkan oleh masyarakat Negeri Seilale, olehnya untuk diketahui oleh bapak Camat Nusaniwe (Plt. Raja Seilale), banyak pelanggaran penggunaan dana DD dan ADD yang disalahgunakan oleh pihak-pihak yang bapak percayakan mengelolanya, akan tetapi bapak sama sekali tidak pernah menindaklanjutinya. Oleh sebab itu sekali lagi saya tegaskan bahwa Bapak Camat Nusaniwe (Plt. Raja Seilale) jangan melakukan pembohongan publik dan kepada pemerintah Kota Ambon, sebab dana desa yang dikucurkan kepada Negeri Seilale, hanya dinikmati oleh segelintir orang yang disinyalir dekat dengan bapak. atau saya menduga, jangan-jangan bapak juga ada terindikasi turut menikmati dana tersebut, sehingga bapak berani menyatakan bahwa bapak melibatkan seluruh masyarakat untuk mengawasi, padahal yang kenyataannya sama sekali tidak". Tandasnya. (BN-08) 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Camat Nusaniwe Jangan Bohongi Publik Dan Pemkot Ambon Rating: 5 Reviewed By: bedahnusantar