Selasa, 08 Maret 2016

Walikota Ambon Resmikan Gedung Pengujian Kendaraan Bermotor

Walikota Ambon Resmikan Gedung Pengujian Kendaraan Bermotor
Ambon,Bedah Nusantara.com: Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Walikota Ambon, Richard Louhenapessy memfungsikan gedung pengujian Kendaraan bermotor di desa Passo kecamatan Baguala.

"Difungsikannya gedung pengujian kendaraan bermotor berarti metode pengujian kendaraan yang selama ini dilakukan secara manual tidak dapat dilakukan lagi tetapi menggunakan sistem komputer, guna menungkatkan keselamatan pengemudi, penumpang dan pengguna jalan," kata Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy saat meresmikan gedung pengujian kendaraan bermotor di Ambon, Senin.

Menurut dia, keselamatan berlalu lintas merupakan salah satu prinsip dasar dalan penyelengaraan trasportasi. Di Indonesia prinsip ini sering kali tidak sejaln dengan kenyataan yang terjadi di lapangan.

Hal ini dapat diindikasikan dengan semakin meingkatnya jumlah dan fatalitas korban kecelakaan di Indonesia khusunya di kota Ambon.

Richard menyatakan, dengan difungsikannya gedung pengujian kendaraan bermotor yang representatif dipastikan akan membawa perubahan khususnya peningkatan jaminan keselamatan berkendaraan yakni metode pengujian manual yang tidak dapat dipertanggung jawabkan.

Selama ini katanya, pemilik kendaraan yang hanya membawa buku uji untuk ditandatangani penguji harus dirubah sistemnya, perubahan tersebut juga berdanpak pada meningkatnya jaminan keselamatan pengemudi, penumpang, pengguna jalan yang lain melalui pengujian kendaraan.

Selain itu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dengan adanya peningkatan kualitas udara yang bebas polusi (karbon monoksida), menigkatkan wibawa aparatur karena tidaj memberikan tolerasi kepada kendaraan yang tidak lain jalan.

"Sikap kompromistis dan transksional harus dihilangkan karena berdampak pada menurunnya wibawa aparatur. kehadiran gedung tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor perhubungan," ujarnya.

Ia mengakui, peningkatan PAD dimungkinkan jika Peraturan Menteri Perhubungan nomor PM 133 tahun 2015 tentang pengujian berkala kendaraan bermotor diterapkan dengan benar.Proses pengujian berkala kendaraan bermotor di kabupaten/kota khususnya di Maluku yang tidak memiliki fasilitas pengujian , harus dialihkan ke kabupaten/kota yang memiliki fasilitas penunjang.

"Dengan difungskikannya gedung pengujian kendaraan bermotor tidak hanya menguji kendaraan bermotor yang berada dalam wilayah kota Ambon saja, tetapi juga kendaraan wajib uji yang berada di kabupeten sekitar seperti Maluku Tengah, SBB, SBT," kata Richard.

Hal ini lanjutnya, lebih dimungkinkan karena Pemkot Ambon juga telah menganggarkan biaya untuk pengadaan mobil uji keliling di tahun 2016.

"Kita berharap seluruh upaya ini dapat meningkatkan PAD kota Ambon, dan yang terpenting terjamin keselamatan pengguna kendaraan bermotor," tandasnya.

Pihaknya berharap seluruh aparatur Dinas Perhubungan Ambon dapat meningkatkan kualitas pelayanan dengan menerapkan mekanisme pelayanan sesuai aturan yang berlaku.Mengintensifkan kerjasa dengan pihak kepolisian dan pihak lain yang dapat membantu melakukan penindakan kendaraan di jalan.

"yang terpenting dalah meninggalkan pola pelayanan lama,sehingga kebocoran PAD dapat dieliminir," kata Richard Louhenapessy. (BN-08)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Walikota Ambon Resmikan Gedung Pengujian Kendaraan Bermotor Rating: 5 Reviewed By: bedahnusantar