Rabu, 24 Agustus 2016

Revisi Perda 03 dan 13 Hampir Tuntas, Dan Siap Ditetapkan

Revisi Perda 03 dan 13 Hampir Tuntas, Dan Siap Ditetapkan
Latupono: Revisi Perda 03 dan 13 Hampir Tuntas, Dan Siap Ditetapkan
Ambon, Bedah Nusantara.com: Persoalan belum dimilikinya figur pemimpin defenitif yang terjadi pada sejumlah daerah (Negeri) dikota Ambon, ternyata hingga kini masih belum mampv diselesaikan oleh Pemerintah Kota Ambon.

Pihak Pemerintah Kota Ambon hingga hari ini masih menjadikan dalil " belum ditetapkannya Peraturan Daerah (PERDA) No.03 dan 13 " sebagai tameng kepada masyarakat yang selama ini mengalami banyak problematika ketika belum memiliki seorang pemimpin yang defenitif.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latuponno tegaskan dalam kurun waktu yang tidak lama lagi Revisi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 03 tentang Pemerintah Negeri dan Nomor 13 tentang Tata Cara Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Raja siap dirampungkan dan akan ditetapkan dalam paripurna.

Menurutnya, saat ini pembahasan perda tersebut oleh Panitia Khusus (Pansus) hanya tinggal merubah beberapa kalimat yang disesuaikan dengan isi dari regulasinya sehingga tidak ada lagi pekerjaan yang terlalu berat.

"Kami hanya merubah beberapa kalimat yang mungkin tidak sesuai dengan tata bahasanya ataupn makna yuridis dari isi perda dimaksud. Jadi dipastikan secepatnya akan diparipurnakan oleh kami," ucap Sekretaris DPC Gerindra Kota Ambon ini.

Disinggungnya, menyangkut penyesuaian Perda Negeri dari Pemerintah Provinsi, sambung Latuponno, hal tersebut tidak berpengaruh terhadap penetapan revisi Perda milik Kota Ambon kecuali sebelumnya Pemerintah Provinsi telah memilikinya lebih awal.

"Kalau Pemprov Maluku belum Perda tentang Negeri maka tidak apa" kalau Kota Ambon memiliki lebih awal. Seandainya Pemprov akan membuatnya maka kami tinggal menyesuaikannya saja," tambah dia.

Hal lain juga ditegaskan dia, bahwa keterlambatan penetapan revisi kedua perda tersebut bukan karena ada kepentingan politik apalagi dikaitkan dengan moment Pilkada Kota Ambon tahun depan. Namun hal tersebut karena, DPRD berkewajiban untuk mengkaji lebih dalam soal isi perda lebih matang dan kontekstual agar tidak bertabarakan dengan realitas saat diterapkan dimasyarakat nanti.

"Ini murni demi kepentingan masyarakat, jadi butuh kajian dan pendalaman yang lebih akurat agar saat penerapan nanti tidak menjadi masalah lagi dikemudian hari. Jadi tidak ada sangkut pautnya dengan urusan politik," tutup Latuponno. (BN-03)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Revisi Perda 03 dan 13 Hampir Tuntas, Dan Siap Ditetapkan Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Nusantara