Selasa, 11 April 2017

Dinas Pariwisata Maluku Tentukan Daerah Strategis Pengembangan Wisata

Lokasi Wisata Di Maluku
Ambon, Bedah Nusantara.com: Dinas Pariwisata Maluku saat ini sementara menentukan daerah dan lokasi strategis pengembangan Wisata di Maluku yang tersebar hampir pada 11 kabupaten  dan kota di Maluku.

Akui Kepala Dinas Pariwisata Maluku Habibah Saimima kepada wartawan, pekan lalu.

Dia mengatakan, lokasi pengembangan yang telah ditetapkan disebarkan pada 11 kabupaten dan kota diantaranya, pantai namalatu di Kota Ambon, wisata pulau Banda di Kabupaten Maluku tengah, Pulau Matakus di kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB),Wisata Danau Rana di Kabupaten Buru dan wisata Pulau Osi di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

"Kita tetapkan sesuai dengan lokasi yang ada, karena 11 lokasi tersebut memiliki wisata yang indah,"ujarnya.

Meskipun banyak lokasi wisata namun, pihaknya terus berupaya mengembangkan pariwisata yang ada di Maluku.

"Kita tetap berupaya mengembangkan semua lokasi yang ada sesuai dengan data yang ada pada Dinas Pariwisata Maluku," paparnya.

Dia menjelaskan, Dinas Pariwisata Maluku akan tetap membantu kabupaten Kota di Maluku dalam hal pengembangan pariwisata di daerahnya tetapi lebih diprioritaskan bagi lokasi wisata yang telah memiliki sertifikat lahan dan memiliki master plan, sehingga tidak sulit dalam setiap pengembangan yang ada.

"Kita akan bantu kabupaten dan kota yang  telah memiliki sertifikat lahan yang resmi dan juga master plan, jika itu ada tentu akan sangat mudah dalam pengembangannya," ungkapnya.

Khusus di Maluku, lanjut Saimima, pihaknya memiliki tiga objek wisata penting diantaranya Pantai Liang diKabupaten Maluku Tengah, Namalatu Beach di Kota Ambon, dan Gong Perdamaian Dunia.

"untuk pantai Hunimua di Liang, terdapat sedikit kendala, karena kita bagi hasil dengan desa, 30 persen untuk masyarakat dan 70 persen untuk pemerintah provinsi untuk peningkatan pendapatan asli daerah (PAD)"terangnya.

Soal proses pendampingan, tambah Saimima, Pemprov Maluku melalui Dinas Pariwisata akan melakukan pendampingan dalam setiap ivent yang dilakukan oleh kabupaten Kota di Maluku.(BN-02)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Dinas Pariwisata Maluku Tentukan Daerah Strategis Pengembangan Wisata Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Nusantara