Kamis, 22 Juni 2017

Wali Kota Launcing SIRR Kecamatan Letisel

Walikota Ambon
Ambon, Bedah Nusantara.com: Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy melakukan launcing sistem informasi rehabilitasi dan rekonstruksi (SIRR) paska bencana Kota Ambon berbasis website Geographic Information Sistem (WebGIS) bagi Kecamatan Leitimur Selatan (Letisel).

"Saat ini, kita launcing program SIRR untuk mengantisipasi bencana alam yang akan terjadi di Kota Ambon khususnya Kecamatan Letisel,'' akuinya disela-sela launcing yang berlangsung di SwisBell Ambon, Kamis (22/6).

Apa yang dilauncing saat merupakan gagasan pikir yang berangkat dari sebuah pengalaman dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mengabdi pada bidang Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, dimana hal ini lanjut dia, sebagai syarat untuk mendukung program perubahan dengan aplikasi yang dimiliki.

"Hal ini sebagai salah satu persyaratan yang dilakukan ASN  sebagai suport kebijakabn publik untuk mendukung program perubahan yang ada,'' katanya.

Dia mengatakan, SIRR yang ditawarkan sangat positif dalam jangka pendek pada Kecamatan Letisel, karena Kecamatan Letisel merupakan daerah yang rawan bencana selain Kecamatan Nusaniwe.

"Dalam peta geografis Kota Ambon Kecamatan Letisel dan Nusaniwe merupakan daerah rawan bencana, karena itu program SIRR akan dilakukan pada Kecamatan Nusaniwepada jangka menengah,''paparnya.

Dia mengakui, SIRR pasca bencana Kota Ambon untuk Kecamatan Leitimur selatan adalah produk yang harus disyukuri dan membanggakan, karena dengan sisitim secara perlahan lahan kita sudah melakukan transformasi pemerintah atau birokrasi, dengan menghilangkan sekat–sekat birokrasi pada masing–masing organisasi perangkat daerah (OPD) untuk perbaikan proses kerja terkait pelayanan kebencanaan di Kota Ambon khusus pada pasca bencana,''paparnya.

"Untuk jangka pendek SIRR pasca bencana berbasis WebGIS akan diprioritaskan pada kecamatan Leitimur Selatan, Sedangkan untuk empat kecamatan lain di Kota Ambon akan berproses pada program jangka menengah dan jangka panjang di tahun 2018/2019 dan di mulai dengan penambahan perangkat (software dan hardware) di tahun 2017,''jelasnya.

Dia berharap, ada manfaat yang dapat berdampak luas terhadap organisasi BPBD Kota Ambon, stakeholder, kepada Pemerintah Kota Ambon maupun masyarakat diantaranya memiliki data rehabilitasi dan rekonstruksi berbasis WebGIS, dokumen kontrol program rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana, meningkatnya kinerja BPBD melalui perubahan beberapa aspek utama yaitu aspek data, aspek sumberdaya manusia, aspek perangkat dan aspek tata laksana.

"Semoga SIRR pasca bencana Kota Ambon untuk Kecamatan Leitimur selatan ini menjadi awal yang baik bagi Pemkot Ambon dengan memanfaatkan teknologi Informasi dalam bidang kebencanaan, dengan sisitim yang terintegrasi melalui optimalisasi akses,''ungkapnya.(BN-02)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Wali Kota Launcing SIRR Kecamatan Letisel Rating: 5 Reviewed By: bedahnusantar