Kamis, 26 Oktober 2017

Kirap Pemuda: Gerakan Pemuda Membaca Kitab Suci

Syarief Hadler (Wakil Walikota Ambon)
Ambon, Bedahnusantara.com: Ribuan pemuda ikut program Gerakan Pemuda Membaca Kita Suci (GPMKS) yang digagas Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI dalam rangkaian Kirab Pemuda 2017 di gedung Baileo Oikuemen Ambon, Rabu (25/10).

Wakil Walikota Ambon, Syarief Hadler mengatakan, pihaknya menyambut baik GMKS yang digelar oleh Kemenpora  di Kota Ambon, karena Ambon adalah Kota Percontohan untuk harmonisasi antara pemeluk agama.

"Di Ambon kita saling menghormati antar pemeluk agama seperti contoh ketika hari raya umat Islam Idul Fitri, pemeluk agama diluar islam ikut menjaga keamanan sepanjang acara itu. Sebaliknya begitu juga ketika hati raya umat nasrani Natal, pemeluk agama diluar nasrani pun ikut menjaga keamanan,” tuturnya.

Dia mengakui, tujuan GMKS untuk menunjukan kebinekaan dan menyatukan pemuda tanpa memndang suku, ras dan agama yang ada di Indonesia secara khusus di Kota Ambon.

"Kehidupan rukun dalam semua tingkatan masyarakat adalah hal uyang sangat kita inginakn bersama tanpa membeda-bedakan agama kita,''katanya.

Dia menjelaskan, diikuti oleh para pemuda lintas agama dimana, masing-masing membaca kitab suci secara bersama-sama dan akan merefleksikan oleh para rohaniawan, sehingga dapat memaknai pentingnya persatuan dan kesatuan.

"Keberagaaman yang dimiliki di Indonesia suiatu kesatuan bangsa yang harus dijawa dan dirawat secara baik,''tandasnya.

Sementara itu, Asisten Deputi Peningkatan Kapasitas Pemuda, Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemepora, Alman Hudri pada kesempatan yang sama kemukakan, GPMKS ini bertujuan selain meningkatkan keimanan para pemuda dan memupuk kebhinekaan dikalangan pemuda tanpa memandang Suku, RAS dan Agama, selain itu juga meningkatkan minat baca pemuda pada kitab suci masing-masing agama.

GMKS yang mengusung tema ”Untuk Persatuan Indonesia” merupakan rangkaian dari Kirab Pemuda 2017 yang digelar di 34 Provinsi.  Dalam kegiatan ini, Para pemuda membaca kitab suci masing-masing secara bersamaan.

Selain Wawali Ambon, hadir dalam kegiatan itu pula, Sekretaris Kota Ambon, AG Latuheru, Kadispora Provinsi Maluku, Semmy Huwae, Kadispora Kota Ambon, Morits Lantu serta para Pemuka Agama yaitu Islam, Kristen Katolik, Kristen Protestan dan Budha.(BN-O2)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Kirap Pemuda: Gerakan Pemuda Membaca Kitab Suci Rating: 5 Reviewed By: bedahnusantar