Selasa, 19 Juni 2018

GPM Klasis Pulau Ambon Gandeng Pemkot Kampanye Peduli Sampah

kampanye sampah lintas Agama
Ambon, Bedahnusantara.com: Klasis Pulau Ambon Gereja Protestan Maluku (GPM) menggandeng Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dalam kegiatan melakukan kampanye peduli sampah.

Kampanye peduli sampah dilakukan dari depan gedung baileu emas putih dan finish di Kristen Center, Selasa (19/6).

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy dalam sambutan yang dibacakan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan Kota Ambon Lucia Izaak mengatakan, saat ini kita bersyukur karena, klasis GPM Pulau Ambon melalui bidang pengembangan oikumene semesta mengambil inisiatif dengan menyelenggarakan kampanye peduli lingkungan bersama dengan masyarakat dari latar belakang yanb berbeda.

"Bagi Pemkot Ambon kegiatan ini memiliki makna agar terbiannya solidaritas dan kerukunan umat beragama, adanya perubahan minset masyarakat untuk peduli lingkungan dan masalah lingkungan adalah masalah kita bersama,"jelasnya.

Dia mengakui, Pemkot Ambon menyadari masalah lingkungan bukan menjadikan kota ini bersih, tapi kita dapat merubah minset masyarakat untuk memjaga lingkungan tetap lestari agar, dapat diwariskan bagi generasi mendatang.

"Pemkot Ambon telah melakukan berbagai inisiaif menuju perubahan dengan melakukan berbagai program, baik dalam tataran lokal maupun nasional dengan mengandeng pemerintah maupun berbagai stake holders,"ungkapnya.

Dia mengatakan, program jumat pagi bersih lingkungan atau jumpa berlian yang trlah dipaksanakan sejak tahin 2012 silam, dimana lanjut dia melalui program ini, aparatur Pemkot Ambon dapat menjadi pionir serta teladan yang baik bagi masyarakat Kota Ambon dalam menjaga lingkungan tetap bersih dan indah.

"Terbukti lewat program jumpa berlian, tingkat kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kebersihan terus meningkat bahkan kita dapat meraih penghargaan adipura baik berupa sertifikat maupun trophy dari Pemerintah,"jelasnya.

Pemkot Ambon tambah dia, telah melaksanakan program car free day bebas sampah yang merupakan acara puncak hari peduli sampah nasional 2018, dimana Kota Ambon berdiri sejajar dengan 10 kota terpilih di Indonesia.

"Lingkungan hidup menjadi entey point bagi Pemerintah dan masyarakat Kota Ambon untuk tetap menggalakan menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat, sehingga dibutuhkan partisipasi semua pihak,"akuinya.

Untuk diketahui sebelumnya Klasis GPM Pulau Ambon telah melaksanakan diskusi panel yang berlangsung di kantor klasis GPM Pulau Ambon. (BN-O2)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: GPM Klasis Pulau Ambon Gandeng Pemkot Kampanye Peduli Sampah Rating: 5 Reviewed By: bedahnusantar