Rabu, 15 Agustus 2018

PDI-P Maluku Dipastikan Tetap Pertahankan Kursi Ketua DPRD

PDI-P Maluku Dipastikan Tetap Pertahankan Kursi Ketua DPRD
Ambon, Bedahnusantara.com: Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Dipastikan akan tetap mempertahankan kursi kepemimpinan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah(DPRD) Maluku.

Demikian Penegasan Direktur Wilayah Timur Lembaga Survey Parameter Research dan Consultant, Edison Lapalello kepada Media ini diruang kerjanya  di Ambon (15/8).

Dikatakannya, setelah kami mengamati Daftar Calon Sementara (DCS) di semua Daerah Pemilihan (Dapil) pada Sebelas Kabupaten/Kota di Maluku serta membandingkan dengan data perolehan suara pada lima tahun lalu, yang kemudian dikomparasi dengan hasil Pilkada pada setiap Kabupaten/Kota dan yang terakhir pada Pilgub Maluku 2018, kami mendapati fakta bahwa kepastian tersebut akan sangat mungkin terjadi di Pileg 2019 mendatang.

Menurut Lapalello, Berdasarkan analisa terbatas yang dilakukan oleh pihaknya, dengan memperhatikan irisan-irisan iklim politik yang berkembang di sebelas kabupaten/kota di Maluku, serta memperhatikan konfigurasi Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) yang dimiliki oleh partai PDI-P, maka kami mendapatkan gambaran fakta bahwa konfigurasi Bacaleg dari PDI-P merata disetiap daerah pemilihan.

“ kami mendapati fakta hari ini lewat analisa terbatas dan juga dukungan data yang ada, maka kami dapat menegaskan bahwa pada setiap daerah pemilihan di Maluku, Partai PDI-P berpeluang besar untuk menyumbangkan kursi di parlemen pada DPRD Maluku,”Jelasnya.

Hal ini lanjutnya, bukanlah sebuah penegasan yang bermaksud untuk mendiskreditkan Partai lain atau bahkan melemahkan partai lainnya, akan tetapi apa yang kami lakukan ini adalah berdasarkan data dan konfigurasi serta analisa terbatas kami yang tidak ditumpangi oleh kepentingan politik partai manapun, akan tetapi kami ingin menyampaikan fakta bahwa “ Hampir Pasti PDI-P dengan konfigurasi Bacaleg yang seperti saat ini, akan mampu kembali memegang tampuh kepemimpinan di DPRD Maluku lima tahun mendatang,” Terangnya.

Faktor yang mendukung hal tersebut ambahnya, adalah soal Emosional dan Iklim Poltik yang terjadi di Sebelas Kabupaten/Kota, dan yang terakhir di Pilgub Maluku. Sehingga hal ini memberikan sebuah penegasan bahwa PDI-P mampu membawa pasangan BAILEO menang pada perhelatan Pilgub kemarin.

“ Memang kemenangan pasangan BAILEO bukanlah  kemenangan PDI-P semata, akan tetapi sebagai salah satu partai pengusung, PDI-P memberi signal tegas bahwa pihaknya bersama partai koalisi lainnya, telah berhasil memenangkan Pilgub Maluku, sehingga hal ini yang kemudian ditunjang dengan konfigurasi DSC para Bacaleg PDI-P yang kuat di semua dapil semakin memperkuat akan kepastian bahwa posisi Ketua DPRD Maluku lima tahun mendatang akan kembali dipegang oleh PDI-P,” Tegas Lapalello.

Atas dasar itulah, kata Lapalello, kami berani memberikan pesan bahwa PDI-P masih memiliki peluang yang sangat besar untuk kembali memegang kendali ketua DPRD Maluku pada Pileg 2019 mendatang.

“ Memang kami belum melakukan Surevey lanjutan mengenai hal ini, mengingat sebaran wilayah Survey yang cukup besar dan juga jumlah bacaleg yang ada, akan tetapi dalam waktu dekat kami akan melakukan Survey untuk memastikan hasil analisa terbatas kami ini, akan tetapi dari hasil analisa terbatas ini dapat menjadi gambaran awal terkait konfigurasi dan ID Partai yang kuat di Maluku,” Tutup Lapalello. (BN-08)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: PDI-P Maluku Dipastikan Tetap Pertahankan Kursi Ketua DPRD Rating: 5 Reviewed By: bedahnusantar