Senin, 26 November 2018

Diduga Inspektorat Kota Ambon, Coba Tutupi Temuan Kasus Korupsi Dana Desa Negeri Silale

Diduga Inspektorat Kota Ambon,
Coba Tutupi Temuan Kasus Korupsi Dana Desa Negeri Silale
Ambon,Bedahnusantara.com:  Kasus Dugaan Korupsi Dana Desa Negeri Adat Seilale, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon. Kini semakin memanas dan kian terang benderang.

Kasus tersebut, berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun media ini, kini telah ditangani oleh pihak Impektorat kota Ambon, hasil permintaan dari Krimsus Polda Maluku. Yang mana sebelumnya Laporan Kasus Dugaan Korupsi Dana Desa Negeri Adat Seilale ini, dilaporkan oleh team yang dipimpin oleh Jhon, F. Kailola. Kepada Mabes Polri dan diteruskan kepada Polda Maluku (Krimsus).

Sejumlah Masyarakat Negeri Adata Seilale, telah dimintai keterangannya sebagai saksi bertalian dengan kasus ini, dan dari hasil pemeriksaan serta pengakuan sejumlah saksi (Anggota Masyarakat Negeri Seilale), ternyata didapati banyak sekali fakta baru bertalian dengan kasus yang telah merugikan Negara diperkirakan mencapai lebih dari 4 Milyar (Tahun Anggaran 2015-2018).

Akan tetapi berdasarkan pengakuan sejumlah saksi kepada media ini, pihak Inspektorat dan beberapa pihak, sengaja memaksakan masyarakat untuk memberikan keterangan sesuai dengan yang dilaporkan oleh para terduga pelaku (Saniri Lengkap Negeri Seilale, Robby Talakua dan team, Nova Erubun dan team).

Padahal berdasarkan fakta dilapangan banyak sekali terjadi penyimpangan dan penyalahgunaan anggaran Dana Desa Negeri Seilale, oleh para pihak terduga pelaku.

Akan tetapi beberapa oknum pihak Inspektorat Kota Ambon, diduga mencoba menggiring para saksi dari pihak masyarajat agar kasus tersebut dapat ditutupi dengan baik sehingga penggunaan dana desa di negeri adat Seilale dianggap aman.

Bererapa saksi yang berhasil dikonfirmasi media ini di Seilale, mengungkapkan hasil pemeriksaan terhadap kami oleh Inspektorat Kota Ambon, "kami dicoba untuk diarahkan mengikuti kemauan oknum pihak Inspektorat, dan mantan Penjabat Nova, K. Erubun, agar persoalan ini seolah bisa dianggap tidak ada apa-apa, akan tetapi kami tetap bersikeras untuk menyatakan kebenaran yang sebenar-benarnya," ungkap para saksi.

Para saksi menyatakan, kami mengungkapkan beberapa temuan, seperti rekayasa tanda tangan terhadap Insentif 10 orang kader posyandu oleh pihak saniri negeri Seilale (padahal uang tersebut kami tidak pernah terima), kami melaporkan soal dalil pemotongan Insentif keder posyandu dengan dalil pajak (padahal struk pajak tidak pernaha kami terima), kami melaporkan pembuatan Kwitansi palsu yang dibuat oleh saudara Matheis Loppies sebesar Rp. 19.200.000,- (dengan memalsukan tanda tangan atas nama Vany Kailola) dan sejumlah fakta lainnya.

Hingga berita ini diturunkan, pihak Inspektorat Kota Ambon belum dapat dimintai keterangannya disebabkan oleh sebagian besar penanggung jawab persoalan ini sementara tidak berada ditempat. (BN-05)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Diduga Inspektorat Kota Ambon, Coba Tutupi Temuan Kasus Korupsi Dana Desa Negeri Silale Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Nusantara