Rabu, 28 November 2018

Yohanis Loppies: Kami Mendukung Ny. Tuasuun, Untuk Dapat Menghadirkan Raja Defenitif Di Seilale

Karateker Negeri Adat Seilale, Ny. Ceryl Tuasuun
Ambon, Bedahnusantara.com: Keluarga Besar Matarumah Parentah Negeri Adat Negeri Seilale, menyatakan dukungannya kepada karateker yang baru Ny. Ceryl Tuasuun, untuk dapat menuntaskan segala persoalan pelik yang menimpa negeri Seilale sejak lama.

Hal tersebut disampaikan oleh Yohanis Loppies, salah satu anak dari Almarhum Raja Negeri Seilale kepada media ini di Ambon.

Menurutnya, kedatangan karaterkar baru diharapkan akan membawa perubahan dan berbagai perbaikan demi keberlangsungan hidup masyarakat yang ada dinegerinya.

" bagi beta, Ibu karateker yang baru, Ny. Ceryl Tuasuun, dapat dikatakan sebagai harapan baru dari masyarakat adat Negeri Seilale, yang selama ini bergumul dalam harapan untuk dapat memiliki seorang Raja yang defenitif dari keturunan matarumah parentah Loppies Seilana Pattinay, yang sejak lama menjadi raja dinegeri ini, dan hal itu diakui serta diketahui oleh seluruh elemen masyarakat yang ada di seilale," Jelasnya.

Dikatakannya, hari ini kami selaku keturunan asli matarumah parentah dinegeri adat Seilale, memberikan dukungan dan siap membantu Ibu karateker Raja Negeri Seilale, Ny. Ceryl Tuasuun, dalam rangka mempercepat lahirnya pemerintahan defenitif di negeri adat Seilale ini.

" kami siap mendukung Ibu karateker, dan bukan hanya kami, akan tetapi segenap element masyarakat dan tokoh-tokoh yang ada di negeri ini bahkan negeri tetangga, yang mengetahui dengan benar dan pasti bahwa pemerintahan dinegeri ini, adalah berada pada matarumah parentah Loppies Seilana Pattinay, olehnya kami berharap agar Ibu karateker dapat melakukan berbagai langkah bijak dan benar dalam memenuhi salah satu point penting dari SK pelantikan beliau sebagai karateker yakni, menghadirkan pemerintahan yang defenitif di Negeri Seilale ini, " Jelas Yohanis.

Dirinya juga berpesan, agar ketika nanti dalam proses menjalankan pemerintahan dalam hal ini, akan adanya pemilihan dan pelantikan badan perangkat Saniri negeri lengkap Seilale yang baru, maka kami mengharapkan agar mekanisme tersebut dikembalikan kepada tatanan adat yang berlaku dan tidak diserahkan kepada sistem asal pilih atau asal tunjuk seperti yang dilakukan oleh badan saniri lengkap yang lama, dibawah kepemimpinan Gustaf Kailola, yang hari ini kami dengar telah berstastus sebagai terlapor dalam kasus dugaan korupsi dana desa.

" kami menghimbau dan mengingatkan kepada Ibu Karateker Negeri Seilale yang baru, agar segala mekanisme perekrutan dan penunjukan badan pengurus Saniri Lengkap Negeri Seilale, mestinya diusulkan oleh Soa-Soa yang ada di Negeri Seilale, berdasarkan kepada peraturan daerah (PERDA) adat atau Negeri, dan bukan main asal tunjuk-tunjuk saja, sebab itu bertentangan dengan aturan, bukan hanya PERDA, akan tetapi juga hukum adat yang berlaku dinegeri Seilale ini," Tegasnya. (BN-05)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Yohanis Loppies: Kami Mendukung Ny. Tuasuun, Untuk Dapat Menghadirkan Raja Defenitif Di Seilale Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Nusantara