Sabtu, 29 Desember 2018

Jadi Icon Kota Ambon, Tugu Adipura Diresmikan.

Tugu Adipura Kota Ambon
Ambon, Bedahnusantara.com: Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy meresmikan tugu adipura yang berlokasi di Negeri Laha, Kecamatan Teluk Ambon.

Tugu Adipura akan menjadi salah satu icon Kota Ambon, dimana pembangunan tugu Adipura bertujuan, untuk menginspirasi masyarakat kota Ambon dalam pengelolaan lingkungan perkotaan, agar tetap bersih dan sehat.

"Tugu Adipura kan selalu mengingatkan masyarakat kota Ambon tentang pentingnya pemeliharaan lingkungan hidup demi kehidupan yang berkelanjutan," akui Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon Lucia Izaak disela-sela peresmian tugu adipura.

Dia mengakui, pembangunan tugu Adipura mengambil lokasi pintu masuk bandara internasional Pattimura Ambon, dimana pilihan lokasi ini dilandasi oleh pemikiran bahwa bandara Pattimura merupakan beranda terdepan di kota Ambon, karena itu tugu Adipura secara tidak langsung telah menginformasikan kondisi psiko sosial Kota Ambon.

"Tugu Adipura terdiri dari tiga bagian utama yakni, bagian kaki yang terdiri dari kolam air yang mewakili unsur kekayaan laut kota Ambon, sementara bagian badan yang berbentuk piramid dengan mewakili unsur pedungan kota Ambon, karena ini sengaja didesain tanpa kepala untuk merefleksikan semangat dan perjuangan masyarakat kota Ambon dalam menjaga dan melestarikan alam yang dianugerahkan Tuhan.

 Sedangkan, untuk bagian kepala dimana, pada bagian ini di letakkan tropi Adipura yang merupakan puncak dari piramid yang merefleksikan keberhasilan yang diraih kota Ambon dalam pengelolaan lingkungan perkotaan," jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menyatakan, Pembangunan tugu Adipura yang berada di lokasi bandara Pattimura agar, warga Kota Ambon dapat menikmati indahnya monumen ini pada malam hari, karena letaknya jauh dari pusat Kota Ambon.

"Saat ini kita melakukan peresmian Tugu Pattimura pada malam hari agar, kita dapat menikmati indahnya bandara Pattimura pada malam hari," ujarnya.

Dia mengakui, Adipura diterima dari sebuah kinerja masyarakat dan Pemerintah daerah terhadap komitmen bagi lingkungan, karena Kota Ambon pernah meraih Adipura pada tahun-tahun sebelumnya.

"Kita pernah dapat Adipura pada zaman almarhum Wali Kota Dicky Wattimena kemudian zamannya, mantan Wali Kota Yohanes Sudiono,"paparnya.(BN-03)








  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Jadi Icon Kota Ambon, Tugu Adipura Diresmikan. Rating: 5 Reviewed By: Unknown