Selasa, 22 Januari 2019

Walikota Ambon: Ikan Teluk Ambon Layak Dikonsumsi

Walikota Ambon: Ikan Teluk Ambon Layak Dikonsumsi
Ambon, Bedahnusantara.com: Menindaklanjuti pemberitaan beberapa media terkait dengan fenomena ledakan fitoplankton beracun di Teluk Ambon mendapat tanggapan positif dari walikota Ambon Richard Louhenapessy.

Dia mengatakan, berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan pusat penelitian laut dalam (P2LD) Lipi tidak ditemukan adanya ikan atau biota laut perairan Teluk Ambon yang mati akibat peristiwa ledakan alga atau fitoplankton hal ini mengindikasikan bahwa kandungan oksigen terlarut di lokasi sekitar ledakan alga masih cukup untuk ikan dan biota perairan ada kemungkinan jenis alga.

"Ini masuk dalam kategori tidak menghasilkan racun yang dapat membunuh ikan atau biota lainnya," ujarnya disela-sela cofee morning Hadir dalam cofee morning kepala Balai Karantina Azhari Syarief, Perekayasa Pusat Penelitian Laut Dalam LIPiI Daniel Pelasula dan Perwakilan Fakultas Perikanan Frederika Pelo yang berlangsumg di City Hotel, Selasa (22/1).

Louhenapessy mengakui, Teluk Ambon merupakan perairan semi tertutup yang sangat rentan terhadap kejadian ledakan fitoplankton karena itu pemantauan dan monitoring terhadap kondisi perairan dilakukan oleh P2L di LIPI Ambon dan university of Groningen (RUG) Belanda terhadap kualitas perairan.

"Dalam pemantauan tidak ditemukan adanya ledakan fitoplankton pada sekitar perairan poka sehingga, menyebabkan kematian ikan," ungkapnya.

Berdasarkan hasil pemantauan LIPI sehingga, pihaknya berkesimpulan bahwa tidak terjadi kematian ikan secara massal di Teluk Ambon ledakan fitoplanton memang terjadi namun belum menimbulkan dampak negatif bagi pembudidaya ikan di keramba jaring apung karena, kualitas air masih dalam kondisi baik mutu ikan berdasarkan pengujian organoleptik di keramba jaring apung.

Lebih lanjut kata dia, pada Teluk Ambon masih baik sehingga, masyarakat diminta berhati-hati dalam mengkonsumsi beberapa jenis kerang.

"Ikan tidak bermasalah, namun masyarakat diminta berhati-hati mengkonsumsi beberapa jenis kerang di Ambon mengingat ada yang memiliki konsentrasi saksitosin yang melebihi ambang batas yang diisyaratkan FAO," terangnya.(BN-03)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Walikota Ambon: Ikan Teluk Ambon Layak Dikonsumsi Rating: 5 Reviewed By: bedahnusantar