Sabtu, 01 Juni 2019

Baku Dapa Anak dan Remaja Klasis Pulau Ambon Utara

Ambon, Bedahnusantara.com: 17 Jemaat dalam Gereja Protestan Maluku (GPM) melaksanakan baku dapa anak dan remaja klasis Pulau Ambon Utara tahun 2019. 

Baku Dapa Anak dan Remaja Klasis Pulau Ambon Utara
Baku dapa anak dan remaja yang dilaksanakan dibawah sorota tema 'Beta Anak GPM Beriman, Berpengetahuan dan Berkarakter' yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Maluku, Ketua Sinode, Sekretaris Kota Ambon, MPH Klasis Pulau Ambon, Ketua Sub Komisi Anak dan Remaja, Raja Rumah Tiga dan 395 anak dari 17 Jemaat GPM Klasis Ambon Utara.

Ketua Panitia Pelaksana Pekan Anak dan Remaja GPM Klasis Pulau Ambon Utara Max Rumaherang mengatakan, baku dapat anak dan remaja diikuti oleh 395 anak dari 17 jemaat yang ada di Pulau Ambon Utara.

"17 Jemaat diantaranya, Jemaat GPM Alang, Jemaat GPM Liliboi, Jemaat G Hatu, Jemaat GPM Air Manis, Jemaat Kategorial Lanud Patimura Ambon, Jemaat GPM Tawiri, Jemaat Palungan Kasih, Jemaat Hila Tanah Putih, Jemaat GPM Hative Besar, Jemaat Souhoru, Jemaat GPM Wayame, Jemaat GPM Poka, Jemaat GPM Nania, Jemaat GPM Waiheru, Jemaat GPM Hunuth, dan Jemaat GPM Negeri Lama, dan Jemaat GPM Rumah tiga," ujarnya.

Dia mengakui, anak dan remaja GPM harus dapat perhatian penuh dalam dinamika dalam segala aspek dalam IT.

"Anak dan remaja hidup dan bertumbuh bagi masa depan mereka," katanya di Desa Rumah Tiga, Sabtu (1/6) Sementara itu, Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno menyambut baik Tema bakudapa anak remaja Klasis Pulau Ambon Utara 2019.

"Gereja terus menanamkan nilai kearifan lokal untuk membangun masa depan Maluku," katanya.

Dia menjelaskan, ilmu sarat dengan teori, sedangkan pengetahuan itu ada dalam pengalaman, seperti norma, adat, dan lainnya.

Sebab itu, agar Berilmu, Berpengetahuan dan Berkarakter, maka harus belajar dari segala sesuatu, termasuk belajar adat, sejarah, dan pengetahuan lainnya.

"Ini mengingatkan anak-anak untuk kembali belajar dari lingkungan dan juga dari adat atau kebudayaan masyarakat Maluku. Dari situlah muncul karakter yang ada dalam bingkai besar seperti Pela Gandong, sebagai semacam rumah besar yang di dalamnya ada sejumlah nilai adat di Maluku," ungkapnya.(BN-02)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Baku Dapa Anak dan Remaja Klasis Pulau Ambon Utara Rating: 5 Reviewed By: bedahnusantar