Selasa, 04 Juni 2019

Peningkatan Mutu SMP Negeri 6 Ambon, Perlu Didukung Pemerintah Daerah

Ambon, Bedahnusantara.com: Masa penerimaan siswa baru pada jenjang pendidikan telah mulai dijalankan, baik pada tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA) juga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Steve Palyama
DPD KNPI Provinsi Maluku
Sebagian sekolah sering kali menjadi Favorit untuk dimasuki oleh para calon siswa baru, baik tingkat SMP maupun SMA dan SMK.

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 Ambon, menjadi salah satu sekolah tujuan sejumlah calon siswa baru dari berbagai sekolah dasar yang ada di Kota Ambon, bahkan di luar kota Ambon.

Olehnya, tak mengherankan bila acap kali sekolah tersebut mendapatkan jumlah pendaftar melebihi kuota yang tersedia.

Menyikapi hal tersebut, Ketua Bidang Pengamanan Aset Negara, pada DPD KNPI Provinsi Maluku, Steve Palyama menyatakan dukungannya kepada sekolah tersebut.

Kepada media ini, Palyama menyatakan, selaku pemerhati pendidikan dirinya merasa perlu untuk memberikan masukan serta koreksi kepada pihak pemerintah daerah dalam hal ini Pemerintah Kota Ambon dan Provinsi Maluku.

" saya mengharapkan adanya dukungan yang maksimal kepada sekolah ini (SMP) Negeri 6 Ambon, terutama dalam hal pengembangan dan peningkatan mutu sekolah, pasalnya setiap tahun sekolah ini selalu menjadi tujuan utama para calon siswa baru dari berbagai sekolah dasar yang ada di Kota Ambon dan di luar kota Ambon. Akan tetapi sering kali juga, pihak sekolah harus berjuang sendiri untuk mendapatkan berbagai topangan dana dan fasilitas guna pengembangan mutu pendidikan di sekolah ini, padahal tak jarang sekolah ini juga dipergunakan guna kepentingan pemerintah seperti test CPNS dan lain sebagainya" Ucapnya.

Menurut Dia, banyak sekolah juga perlu mendapat perhatian, sebab semakin hari sekolah-sekolah seolah berjuang sendiri untuk mendapatkan berbagai fasilitas dan penunjang bagi peningkatan mutu pendidikan di sekolah mereka.

" ada beberapa sekolah sepanjang pemantauan kami, mengalami kerusakan dan mesti diperbaiki akan tetapi hingga hari ini tidak juga mendapat respon dari pihak pemerintah, sekolah-sekolah tersebut baik pada jenjang SD dan SMP juga SMA, mesti melakukan berbagai cara guna mendapatkan berbagai bantuan guna menunjang mutu pendidikan disekolah mereka, yang tak lain adalah tuntutan dari standart pendidikan,".

Sangat miris memang, lanjutnya, sebab pemerintah seolah mengabaikan sekolah-sekolah tersebut termasuk SMP Negeri 6 Ambon. Mana kala mereka mengalami kendala misalnya dalam hal perolehan bantuan Dana BOS dan bantuan lain, pihak sekolah sendirilah yang harus berjuang demi anak didik mereka, sedangkan pihak Pemerintah dalam hal ini dinas seolah mengabaikan tugas dan tanggung jawab mereka.

" saya menyatakan ini berdasarkan fakta dan data yang kami miliki, kami tidak sedang mengada- ada, sebab banyak fakta yang seperti demikian yang kami temui. Oleh sebab itu saya memperingatkan pemerintah Daerah baik Kota maupun Provinsi untuk dapat memperhatikan hal ini, sebab kemajuan daerah ini juga sangat ditentukan oleh kualitas dan mutu pendidikan dari generasi bangsa yang ada disekolah daerah ini,".

Maju mundurnya sebuah daerah, kata Palyama, sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya, " jika mutu pendidikan dan sumber daya manusia kita rendah, maka sudah dapat dipastikan kemajuan daerah ini hanya akan menjadi sebuah mimpi yang akan sangat sulit digapai," Tutupnya. (BN-08)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Peningkatan Mutu SMP Negeri 6 Ambon, Perlu Didukung Pemerintah Daerah Rating: 5 Reviewed By: bedahnusantar