Senin, 11 November 2019

Desember Walikota Reshuffle Birokrasi Pemkot Ambon

Ambon, Bedahnnusantara.com: Birokrasi adalah jajaran pemerintahan yang dibentuk dalam rangka membantu jalannya proses sebuah pemerintahan di daerah, baik pada tingkatan Provinsi maupun Kota/Kabupaten yang ada di Indonesia.
Walikota: Desember Birokrasi Pemkot Diefaluasi


Dalam tugas pokok dan fungsi serta perannya, setiap orang yang ada dalam jajaran birokrasi (Dinas, Instansi, SKPD) bertugas memberikan berbagai bentuk bantuan dan dukungan kepada pemimpin daerah dalam pelayanannya kepada masyarakat, terutama mewujud nyatakan Visi dan Misi yang diemban oleh seorang kepala daerah.

Jika dalam prosesnya, kemudian didapati bahwa ada jajaran birokrasi yang dinilai tidak mampu mengaplikasikan apa yang menjadi program kerja dan visi misi dari seorang pemimpin daerah dalam rangka memajukan daerah tersebut. Maka tentunya sebuah evaluasi lewat perombakan (reshuffle) atau penyegaran dalam tubuh birokrasi tersebut perlu dilakukan.

Hal tersebutlah yang mendorong Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, SH. Untuk melakukan Evaluasi Kinerja Birokrasi yang berdasarkan pengakuannya akan dilaksanakan  pada Desember mendatang.

Demikian disampaikan walikota Ambon Richard Louhenapessy usai pelaksanaan hari pahlawan yang berlangsung di balai Kota Ambon, Senin (11/11).

Dikatakan Louhenapessy, pihaknya telah melakukan koordinasi bersama Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) bentuk rencana evaluasi kinerja birokrasi dalam lingkup Pemerintah Kota Ambon (Pemkot Ambon).

"Saya dalam waktu dekat akan bertemu dengan MenPAN-RB untuk konsultasi rencana evaluasi kinerja birokrasi, mudah-mudahan Desember saya akan evaluasi seluruh kinerja dari pada para pejabat," ujarnya.

Menurutnya, berdasarkan undang-undang Aparat Sipil Negara (ASN) menyatakan seorang pejabat yang dilantik minimal harus berada pada suatu jabatan selama 2 tahun.

"Kita telah melakukan pelantikan sejak Desember 2017 lalu, makanya Desember ini kita akan evaluasi lagi kinerja setiap OPD," paparnya.

Dia menegaskan bahwa, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki prestasi selama menjabat akan dipertahankan masa jabatannya sementara yang tidak memberikan prestasi apapun kita akan lakukan evaluasi.

"Kalau yang betul-betul punya prestasi saya tingkatkan, tapi kalau tidak saya akan lakukan pergeseran untuk itu dipastikan sebelum Desember ini kita akan lakukan evaluasi," tegasnya. (BN-02)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Desember Walikota Reshuffle Birokrasi Pemkot Ambon Rating: 5 Reviewed By: bedahnusantar