Kamis, 14 November 2019

Lapalelo: Figur Barnabas Orno Sangat Mempengaruhi Irama Politik MBD

Ambon, Bedahnusantara.com: Perhelatan Politik di empat Kabupaten di Maluku kini tengah berjalan, berbagai proses dan tahapan juga sudah dimulai. Para Calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan maju dalam perhelatan Pilkada tengah melalui berbagai tahapan dan administrasi pada Partai Politik.


Barnabas Orno dan Peta Kabupaten MBD
Menyikapai dinamika tersebut lembaga survey Parameter Research dan Consultant, kemudian melakukan kajian dan survey guna mengukur sejauh mana aspek-aspek dinamika juga pergerakan gejolak politik yang ada pada keempat Kabupaten tersebut salah satunya pada Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD)

Parameter Research dan Consultant lewat Edison Lapalelo selaku Direktur Wilayah timur mengungkapkan, Berdasarkan survey terkini yang dilakukan oleh Parameter Research dan Consultant terkait presepsi masyarakat terhadap kehidupan ekonomi, sosial, dan politik pada kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dan Kabupaten Seram Timut (SBT), yang akan melaksanakan perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada 2020 mendatang.

Ternyata didapati data bahwa, pengaruh vigur seorang Barnabas Orno (BO) di Kabupaten MBD, masih sangat besar dan berpengaruh terhadap pilihan serta sikap politik masyarakat pada kedua kabupaten tersebut.

" Konkritnya berdasarkan temuan kami lewat hasil survey, ketika kami memberikan pertanyaan kepada para responden kami berupa " Seberapa besar pengaruh seorang Barnabas Orno yang pernah menjadi Bupati MBD dalam kurun waktu sepuluh tahun, terhadap bapak dan ibu dalam pilkada yang akan datang". Kami mendapati fakta data bahwa sebesar 40,17% responden menjawab sangat berpengaruh, dan 34,73% menyatakan tidak berpengaruh, sedangkan 25,10% menyatakan tidak tahu/tidak menjawab," Jelasnya.

Dengan demikian ujar Lapalelo, dari hasil survey ini, kami berpendapat bahwasannya figur seorang Barnabas Orno (BO) masih sangat menentukan Elekatabilitas dari pasangan calon bupati berikutnya yang akan maju dalam pilkada MBD mendatang.

" Ternyata, Barnabas Orno (BO) mendapatkan 40,17. % fakta ini menunjukan bahwa dia (Orno red) memiliki pengaruh sangat besar terhadap sikap dan keputusan politik di pilkada MBD. Terlepas dari 34,73% yang menyatakan tidak berpengaruh, ditambah dengan berbagai gunjingan soal prestasi dan kegagalan yang bersangkutan dalam membangun MBD selama kurun waktu du periode memimpin MBD. Akan tetapi bagi kami inilah fakta bahwa ada pengaruh sebesar 40,17% seorang Barnabas Orno terhadap Pilkada di MBD," Ujar Lapalelo.

Oleh sebab itu tambahnya, kami hanya berpesan bahwa, suka atau tidak suka, fakta hari ini memberi pesan yakni; ternyata irama politik di MBD masih sangat dipengruhi oleh seorang figur Barnabas Orno, bahkan mungkin juga hasil Pilkada MBD nantinya sangat dipengaruhi oleh seorang Barnabas Orno.

" Sehingga alangkah lebih baik jika kerja-kerja politik para calon Bupati MBD mendatang, sudah bisa dimulai dengan membuka ruang komunikasi dengan seorang Barnabas Orno," tegas Lapalelo. (BN-07)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Lapalelo: Figur Barnabas Orno Sangat Mempengaruhi Irama Politik MBD Rating: 5 Reviewed By: bedahnusantar