Sabtu, 09 November 2019

MBD Berikan Rangkaian Pesan Kerumitan Bagi Nasdem Dalam Fit And Proper Test

Ambon, Bedahnusantara.com:  Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dalam hal ini Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) maluku telah usai menjalankan amanat partai guna melaksanakan Fit And Proper Test bagi para calon kepala daerah pada Empat Kabupaten di Maluku dalam hal ini Maluku Barat Daya, Buru Selatan, Kepulauan Aru, dan Seram Bagian Timur, yang nantinya akan melaksanakan pestademokrasi pada 2020 mendatang.
Edison Lapalelo


Menanggapi hal tersebut pengamat politik  Edison Lapalello  kepada media ini di Ambon menyatakan, hal pertama yang ingin saya sampaikan adalah bahwa, kita wajib mmberi apresiasi kepada Dewan Pimpinan Wilayah  (DPW) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Provinsi Maluku, dibawah kepemimpinan Bung Hamdani Laturua.

Hal ini perlu kita lakukan, pasalnya dibawah kepemimpinan beliau (Hamdani Laturua red), Partai Nasdem akhirnya bisa melaksanakan amat dan perintah DPP Nasdem dalam hal pelaksanaan Fit and Proper test bagi bakal calon kepala Daerah pada empat kabupaten yang ada di Maluku.

" kita perlu memberikan apresiasi yang tinggi kepada bung Hamdani Laturua dan kawan-kawan, sebab dibawah kepemimpinannya DPW Nasdem Maluku berhasil melakukan event penting dalam dunia politik, yakni Fit and Proper test kepada para bakal calon kepala daerah pada empat kabupaten yang akan berpesta pada 2020 mendatang," Ungkap Lapalelo.

Bagi saya lanjutnya, apa yang dilakukan oleh DPW Nasdem Maluku ini, telah memberikan sebuah pendidikan politik yang cukup baik kepada masyarakat, walaupun tidak bisa dipungkiri masih ada cela dan kekurangannya. Akan tetapi hal itu tidak lah mengurangi kualitas dari kerja politik DPW Nasdem Maluku.

" apa yang dilakukan oleh DPW Nasdem Maluku adalah hal yang sangat baik, dan kiranya proses seperti ini juga dapat dilakukan oleh partai politik lainnya yang ada," Ujar Lapalelo.

Lapalelo mengungkapkan, berdasarkan pengamatan kami, dalam proses Fit and Proper test yang dilakukan oleh DPW Nasdem ini, terlihat ada animo yang sangat tinggi dari dua Kabupaten di Maluku, yakni Maluku Barat Daya (MBD) dan Kabupaten Buru Selatan (Bursel), dengan begitu banyaknya calon kepada daerah dari dua Kabupaten ini yang mengikuti kegiatan dimaksud.

" Berdasarkan pengamatan kami, para calon kepala daerah yang mengikuti Fit and Proper test di DPW Nasdem telah menunjukan bahwa kualitas mereka sebagai calon pemimpin daerah berada pada tataran baik dan berkuakitas, serta lewat pemeparan visi misinya, banyak ditemukan ide-ide baru yang dapat dipergunakan guna membangun daerahnya jika nantinya terpilih," Terang Lapalelo.

Direktur Wilayah Timur Lembaga Survey Parameter Research dan Consultant ini menerangkan, Kabupaten MBD dalam pengamatan kami, akan menjadi kabupaten yang berpotensi menimbulkan kerumitan kepada DPW Nasdem Maluku dalam hal Ketua DPW, Hamdani Laturua dan team seleksi terutama dalam hal menentukan figur terbaik yang akan didukung oleh partai Nasdem, mengingat semua kandidat sangatlah bagus-bagus.

" ada beberapa faktor kerumitan yang akan diberikan oleh Kabupaten MBD, misalnya; dari calon Bupati Oyang Noach, yang mana telah memberi pesan kepada publik bahwa wakilnya nanti adalah orang yang memiliki latar belakang sebagai senior ASN (Birokrat), yang kemudian juga telah dengan berani Oyang Noach memberikan Inisial 'AK'. Dan ini adalah salah satu bentuk pesan kerumitan bagi partai Nasdem," Jelasnya.

Pesan kerumitan lainnya, tambah Lapalelo, datang dari pribadi Oddie Orno dan Nicholas Kili-kili, yang hingga hari ini belum mengikuti Fit and Proper test, padahal mereka juga adalah figur yang patut diperhatikan oleh partai Nasdem.

" banyak sekali pesan kerumitan yang akan dihadapi oleh Partai Nasdem, mengingat ada figur seperti Melky Frans yang sangat ekselen ketika menyampaikan visi dan misinya, selain itu ada juga figur calon wakil bupati perempuan Wunuhalono Dahaklory yang mendapat pujian dari bupati KTT. Kami juga melihat calon lainnya yang berpotensi memberikan pesan kerumitan yakni; Jhon Uniplaita, Johanes Letelay, Kim David Markus, Bastian Petrus, juga merupakan calon-calon yang tidak kalah berkualitasnya. Itulah sebabnya mengapa sampai kami berpendapat bahwa Kabupaten MBD adalah kabupaten yang sangat besar potensinya untuk memberikan kerumitan kepada partai Nasdem dalam menentukan dukungannya jika dilakukan dengan mekanisme Objektifitas," Jelas Lapalelo.

Lapalelo menekankan, jika semua mekanisme berjalan secara Subjektifitas, maka itu adalah menjadi kewenangan dan keputusan partai, akan tetapi secara baik berdasarkan hasil pengamatan kami, Kabupaten MBD dengan para Calon kepala daerahnya akan sangat memberi dampak kerumitan bagi Partai Nasdem dalam menentukan arah pemberian rekomendasi nantinya.

" Oh iya saya juga lupa, bahwa disamping para calon yang telah saya sampaikan tadi. Kita juga wajib memperhitungkan figur Simon Moshe Maahury, yang juga berpotensi besar memberikan pesan kerumitan bagi Partai Nasdem, yang mana dari hasil pengamatan kami, figur Moshe Maahury telah dengan resmi mendaftarkan diri bersama pasangan wakilnya Thenny Barlola, yang mana kedua figur ini adalah pasangan yang sangat ekselen dengan mengawinkan Moshe  Maahury yang adalah kader partai PKPI bersama Thenny Barlola yang adalah kader partai Hanura," Paparnya.

Akan tetapi semua itu berpulang kapada Partai Nasdem Baik yang ada di DPD dan DPW yang akan dengan sangat baik menyampaikan hasil Fit and Proper test tersebut untuk kemudian diputuskan oleh DPP Nasdem di Jakarta nantinya. (BN-08)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 komentar:

  1. knapa nama bung wesly tdk di sebutkan khan bliau juga ikut dlm balon wabup MBD

    BalasHapus

Item Reviewed: MBD Berikan Rangkaian Pesan Kerumitan Bagi Nasdem Dalam Fit And Proper Test Rating: 5 Reviewed By: bedahnusantar