Kamis, 19 Desember 2019

Sikap Kesatria Barnabas Orno Patut Dihormati dan Dicontohi

Jakarta, Bedahnusantara.com: Seperti diketahui Wagub Barnabas Orno dipanggil KPK sebagai saksi terkait dugaan suap proyek jalan di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tahun 2016, di mana pada saat Orno masih menjabat sebagai Bupati Maluku Barat Daya (MBD).
 Sikap Kesatria Barnabas Orno Patut Dihormati dan Dicontohi

Bahkan pemanggilan dan pemeriksaan Barnabas Orno ini mengundang rasa empati yang besar dari seorang Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Murad Ismail, yang sampai menitikan air mata manakala mendengar kawan seperjuangannya diperiksa oleh KPK.

"Saya pun kaget mendengar kabar bahwa Wagub Maluku di Panggil oleh KPK di jakarta," cetus Gubernur Murad Ismail di sela sambutan pembukaan BRI Peduli di Swissbhell Hotel.

"Saya baru tau tadi sejak saya sampai di Ambon, dan mendapat info bahwa Wagub telah bertolak ke jakarta untuk memghadiri panggilan oleh KPK saat ini," akuinya.

Meyikapi persoalan tersebut Parameter Research dan Consultant lewat Edison Lapalelo selaku Direktur Wilayah timur kepada media ini melalui sambungan telephone mengungkapkan bahwa proses pemeriksaan wakil gubernur Maluku Barnabas Orno oleh KPK merupakan hal yang normatif sehingga tidak perlu terlalu diperbesar dan dipolemikan.

Menurutnya Pemanggilan dan pemeriksaan seorang Barnabas Orno merupakan hal yang normatif dan tidak perlu dibesar-besarkan apalagi ada yang beranggapan bahwa sejak diperiksanya Pak Abas porno maka otomatis secara karir politik bisa saja selesai dan juga mungkin saja tamat.

" bagi kami publik di Maluku dan Indonesia semestinya belajar dari seorang Barnabas Orno, sebab faktanya hari ini menurut lapalelo bahwa, sekalipun Barnabas Orno berstatus sebagai seorang wakil gubernur Maluku, ketika dirinya diminta menghadiri pemeriksaan oleh KPK, yang bersangkutan (Barnabas red) tidak lantas melarikan diri atau mangkir dari panggilan tersebut," Ungkapnya.  

Ini adalah suatu bentuk contoh dan teladan yang baik dari seorang Barnabas Orno kepada semua pihak yang mungkin saja menghina dan menyindirnya hari ini. akan tetapi lewat sikap kesatria, seorang Barnabas Orno berani memenuhi panggilan KPK dan diperiksa sebagai saksi tanpa ada langkah mangkir atau bahkan memakai tameng jabatan untuk menghambat proses hukum yang ada.

" ini adalah contoh warga negara yang baik yang menghormati dan mematuhi kewenangan hukum, beliau (Barnabas Red) telah memberi pesan bahwa seyogyanya seorang pemimpin dan warga negara yang baik harus patuh dan menghormati proses hukum, tanpa mencoba melarikan diri (mangkir),".

Olehnya bagi saya, apa yang dilakukan oleh seorang Barnabas Orno, patut kita hormati dan bagi kami seorang Barnabas Orno masih lebih terhormat bila dibandingkan dengan para pejabat, tokoh poltik, atau pemimpin lainnya yang selalu mangkir atau mengelak dari proses hukum.

Ketika ditanya apakah proses ini mempengaruhi jalannya pemerintahan di Maluku, Lalapelo mengungkapkan, sejauh pengamatan kami proses pemerintahan di Provinsi Maluku sama sekali tidak terganggu dengan persoalan ini.Bahkan adanya dukungan moril dari Gubernur Maluku kepada seorang Barnabas Orno, merupakan pesan penting kepada masyarakat Maluku bahwa proses pemerintahan di Maluku sedang berjalan dengan baik dan para pemimpinya juga sedang ada dalam suasana harmonis, tidak seperti isu yang beredar di luar.

" walaupun Barnabas Orno diperiksa oleh KPK toh pada kenyataannya proses pemerintahan di Provinsi Maluku tetap berjalan tanpa terganggu oleh kasus ataupun bahkan persoalan pemeriksaan Orno oleh KPK, bahkan bagi saya proses pemeriksaan Orno ini merupakan sebuah contoh yang baik manakala sebagai pejabat negara dirnya (Orno Red) berani megesampingkan statusnya sebagai pejabat negara dan beranggapan bahwa dia adalah sebagai warga negara yang baik harus menghormati proses hukum dan kemudian mengikuti semua mekanisme hukum yang berlaku di negara ini, dan mungkin saja sikap seperti inilah yang membuat seorang gubernur Maluku Murad Ismail begitu merasa sedih dan terpikul bahkan sampai menitikkan air mata saat mendengar rekannya kawan seperjuangannya lawas kemudian Harus dipanggil dan diperiksa oleh KPK. bagi saya ini merupakan sebuah pesan yang mempertegas bahwa memang hubungan antara gubernur Maluku dan wakil gubernur Maluku tidak pernah sama seperti wacana yang berada di luar bahwa ada pecah kongsi ataupun bahkan konflik di antara keduanya," jelas lapelelo.

kalau kemudian ada wacana bahwa kasus ini akan mempengaruhi ektoral dari adiknya Desianus Orno (Odie Orno) yang sementara berproses di kabupaten maluku barat daya sebagai calon bupati. bagi saya hal itu tentunya berdampak akan tetapi tidak sampai menghancurkan Elektoral dari seorang Odie Orno.

" Sebab hal tersebut baru akan bisa mempengaruhi bahkan menghancurkan elektoral Odie Orno, jika dalam pemeriksaan di KPK, Abas Orno ditetapkan sebagai tersangka atau yang bersangkutan ditahan. Jika selama hal itu tidak terjadi maka tentunya tidak akan pernah berdampak apapun kepada elektoral dari seorang Odie Orno,". Jelas Lapalelo.

Akhirnya, kata Lapalelo, bagi kami soal nanti hasil pemeriksaan itu akan seperti apa, itu sepenuhnya menjadi kewenangan dan KPK, akan tetapi bagi kami alangkah baiknya jika persoalan ini tidak lagi diperbesarkan dan marilah kita mengikuti semua tahapan dan proses yang ada dan biarkan hukum yang memainkan perannya,akan tetapi sekali lagi saya perlu tegaskan bahwa kita patut memberikan pernghargaan yang tinggi kepada sikap dari seorang Barnabas Orno, manakala dengan sikap kesatria dia berani menghadapi semua proses hukum dengan baik tanpa mencoba melarikan diri atau mangkir dari panggilan hukum (KPK). seperti yang biasa dilakukan oleh pejabat dan tokoh politik lain di Indonesia".Tutupnya (BN-07)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Sikap Kesatria Barnabas Orno Patut Dihormati dan Dicontohi Rating: 5 Reviewed By: bedahnusantar