Senin, 29 Juni 2020

Demo HMI Berujung Ricuh, 4 Orang Ditangkap Polisi

Maluku,Bedahnusantara.com: Aksi demonstrasi didepan Kantor Gubernur Maluku, Senin (29/6) berakhir ricuh. 
Demo HMI Berujung  Ricuh, 4 Orang Ditangkap Polisi


Diperkirakan sekitar 60 mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ambon melakukan aksi demo didepan kantor Gubernur Maluku.

Sebelumnya mereka telah melakukan aksi unjuk rasa didepan kantor Balai Kota Ambon, namun aksi tersebut tidak digubris oleh Pemerintah Kota Ambon. Setelah lama menunggu Walikota Ambon, mereka mencoba menerobos masuk sehingga terjadi aksi saling dorong mendorong pagar antara petugas SatPol-PP dan masa aksi sekitar pukul 13.55 WIT. 

Kemudian karena tuntutan mereka tidak sampai  tidak digubris oleh Pemerintah Kota Ambon. Mereka melanjutkan untuk membaca tuntutan tersebut didepan Kantor Walikota Ambon. 

Selanjutnya, massa berjalan menuju Kantor Gubernur Maluku untuk melanjutkan aksinya.

"kami meminta transparansi efektivitas dana 20 milyar lebih yang sudah pakai oleh Pemerintah Kota Ambon yang dikeluarkan untuk penangan covid-19. Kami meminta pertanggung jawaban terkait PSBB dari aspek dampak serta jaminan apa yang akan diberikan kepada masyarakat dan kebijakan terkait yang bisa Pemerintah Kota Ambon berikan, sebagai garansi terkait ketersediaan kebutuhan masyarakat terkhususnya para pedagang dan masyarakat kecil di Kota  Ambon,"Kata Koordinator Lapangan II Muhammad Akbar Kelian. 

Mereka menilai Peraturan Walikota No 18 tahun 2029 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menurunkan angka pasien Covid-19 di Kota Ambon, telah mematikan pendapatan masyarakat kecil yang kehidupan sehari-hari dibawah terik matahari dan rintik hujan. 

Tak puas melakukan aksi didepan kantor Walikota Ambon, masa kemudian bergerak menuju Kantor Gubernur Maluku, untuk melakukan aksi serupa.

Berdasarkan pantauan media ini, sekitar pukul 15:15 WIT petugas keamanan SatPol-PP dan masa juga sempat melakukan aksi yang sama yakni saling tarik menarik pagar Kantor Gubernur Maluku. akibat dari semakin memanasnya situasi dan berujung kericuhan dalam aksi itu, polisi kemudian menangkap Empat orang mahasiswa pada lokasi demo. tersebut yang dinilai sebagai dalang kericuhan. 

Pasalnya, diduga salah satu orator yang berorasi sempat mengeluarkan kata kotor kepada Gubernur Maluku, dan pihak kepolisian. "Gubernur b*****t, Polisi b*****t, Pol-PP b*****t, "teriak salah satu orator. 

Kata kotor yang dikeluarkan, disinyalir karena aspirasi mereka belum juga direspon oleh Pemerintah Provinsi Maluku. Kiranya orang nomor satu di Maluku ini bisa menyambangi dan melakukan mediasi terkait tuntutan para aksi secara baik-baik, sehingga tidak ada kekerasan yang mengwarnai aksi unjuk rasa itu.(BN-04)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Demo HMI Berujung Ricuh, 4 Orang Ditangkap Polisi Rating: 5 Reviewed By: bedahnusantar
loading...