Selasa, 23 Juni 2020

Nama Baik Dicemarkan, Wagub Laporkan Media Ke Polda Maluku

Maluku, Bedahnusantara.com: Wakil Gubernur Maluku Drs Barnabas Orno didampingi kuasa hukum Laurens Latuheru.SH, mendatangi Polda Maluku untuk membuat laporan polisi perihal pemberitaan salah satu media tentang aksi unjuk rasa mahasiswa HMI dan GMKI 19 Juni kemarin di depan kantor Gubernur Maluku dan kediaman Gubernur Muad Ismail.
Nama Baik Dicemarkan, Wagub Laporkan Media Ke Polda Maluku


Yang mana dalam isi pemberitaan pada media tersebut tertulis, Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno adalah dalang dibalik pelaksanaan aksi tersebut.

Wakil Gubernur Barnabas Orno tiba di kantor Polda Maluku pukul 10.00 Wit dan langsung menuju ruang SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu) untuk membuat laporan polisi. 

Setelah itu Kemudian Pukul 10.40 WIT, Wagub Orno beranjak menuju ruang Kriminal Umum (KRIMUM) untuk dimintai keterangan.

Dalam proses pemeriksaan tersebut, Wagub Orno menjelaskan, kedatangan dirinya bersama Laurens di Polda Maluku berhubungan pemberitaan media tentang dugaan keterlibatan dirinya terkait dengan aksi demo HMI dan GMKI beberapa waktu lalu. Meski begitu, dirinya tidak ingin mengklaim siapa yang benar atau salah.

"Pemberitaan seperti itu sangat sensitif terhadap masyarakat luas, karena kita saat ini sementara menghadapi bencana virus Covid-19. Lalu tiba-tiba hal yang tidak diinginkan terjadi kepada saya. Saya selalu berbicara masalah etika dan moral, sehingga saya tidak mungkin mengatur rencana aksi di kediaman wakil gubernur," jelas Orno kepada awak media di Polda Maluku, Selasa (23/6).

Orno menegaskan, sebisanya dirinya akan menghindari vonis moral. Sebab selama ini, dirinya selalu berbicara mengenai kearifan lokal maupun etika moral.

Sehingga jika kemudian hari ini saya dipublikasi dengan pemberitaan yang sebenarnya adalah fitnah, tentu saja hal itu sangat merugikan saya, apalagi saya diberitakan  terlibat dalam perancangan sebuah aksi unjuk rasa kepada pihak tertentu.

"Pemberitaan ini bisa merusak hubungan kepala dan wakil kepala daerah. Saya sangat menghormati gubernur. Saya membuat laporan polisi agar publik tahu bahwa aksi yang dilakukan itu, saya tidak mengaturnya," tegasnya. 

Bagi Orno, seharusnya disetiap kebijakan pemberitaan harus disertai opsi perimbangan berita. Oknum yang namanya disebutkan narasumber, lalu tertulis di dalam isi berita, sebaiknya diberi ruang menyampaikan tanggapan atau sanggahan.

"Saya sangat terpukul dan khawatir. Dengan pemberitaan ini, masyarakat terprovokasi," ujarnya.

Ditempat yang sama, Lauren mengaku, pihaknya secara resmi telah melaporkan hal ini ke Polda Maluku. Sebab, warga negara berhak menggunakan hak hukumnya. Pemberitaan ini tentang adanya keterlibatan Pak Orno adalah bohong dan bisa berakibat pada kegaduhan. Sebab hal ini akan menimbulkan kesan negatif terhadap kekompakan pemerintah.

"Karena wakil gubernur sangat menghormati gubernur. Sebaliknya, gubernur sangat sayang kepada wakil gubernur. Olehnya Hal seperti ini tidak bisa di tolelir. Kita punya komitmen nasional bahwa bangsa ini adalah negara hukum. Kita memilih menyelesaikan masalah ini secara hukum," kata Laurens.

Laurens menegaskan, Orno sangat keberatan dengan tuduhan tersebut. Namun, dia tetap konsisten untuk menyelesaikan masalah ini secara hukum. Pihaknya meminta, penyidik segera memanggil pihak terkait untuk dimintai keterangan. 

"Apakah tindakan mereka merupakan unsur pidana atau tidak. Dan kalau memang ada, maka kami minta agar siapa yang terlibat harus bertanggung jawab," tegasnya.(BN-04)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Nama Baik Dicemarkan, Wagub Laporkan Media Ke Polda Maluku Rating: 5 Reviewed By: bedahnusantar
loading...