Umasangadji: Sami Latbual Akan Dipecat Dari PDIP

Umasangadji: Sami Latbual Akan Dipecat Dari PDIP

Jumat, 11 September 2020,

Namrole, Bedahnusantara.com: Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Buru Selatan Ahmad Madoly Umasangadji secara tegas mengatakan, ia akan secepatnya memberitahukan kepada DPD PDI Perjuangan Provinsi Maluku guna mengambil tindakan pemecatan kepada Sami Latbual, sekaligus mencabut Kartu Tanda Anggota (KTA) darinya.

Sami Latbual


Ketegasan Madoly ini ia sampaikan kepada media ini di Gedung DPRD Kabupaten Buru Selatan.


Seperti yang diketahui, Sami Latbual adalah mantan anggota DPRD kabupaten buru Selatan selama dua periode dari PDI Perjuangan juga sebagai Ketua Fraksi PDI Perjuangan. Dan pernah menjabat sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Buru Selatan selama satu periode.


"Saya kira mekanisme di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangganya jelas. Berdasarkan Rekomendasi yang suda dikeluarkan oleh DPP, saya kira wibawa partai ada di situ," jelas Madoly.


Kata Madoly, bagi siapapun sebagai kader yang tidak mengindahkan Rekomendasi DPP, maka partai akan memberikan sanksi bagi yang bersangkutan.


"Apalagi hari ini beliau (Sami Latbual) telah menyatakan sikap bahwa beliau suda keluar dari partai pada tanggal 3 September 2020," ungkap Madoly.


Maka sikap yang disampaikan oleh yang bersangkutan (Sami Latbual) tegas Madoly, apapun yang terjadi pada beliau bukan lagi termasuk struktur (anggota) partai.


Lebih lanjut dikatakannya, mekanisme di partai itu sangat jelas, siapapun yang tidak mengindahkan Rekomendasi (perintah) dari Ketua DPP (dipecat), karena wibawa partai berada di situ.


"Maka partai wajib memberikan sanksi tegas bagi siapa saja. Dan Karna hari ini, dia nyatakan keluar dan bergabung dengan pasangan kandidat lain dan mengatas namakan partai (PDI-P), saya kira tidak, ucap Madoly.


Apakah yang bersangkutan Sami Latbual telah mengajukan surat resmi pengunduran diri secara tertulis, dengan tegas Madoly mengatakan bahwa, hingga sekarang pengunduran diri dari Sami Latbual secara tertulis belum di terima.


"Sampai sekarang surat pengunduran diri belum diterima. Memang kalau porsi sanksi dari partai pasti ada," ujar Ketua Fraksi PDIP ini.


Dikatakan, dirinya selaku ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Buru Selatan pasti akan meminta klarifikasi yang beliau katakan. Kalau satu sampai dua kali surat undangan untuk meminta klarifikasi, namun Sami Latbual tidak mengindahkan tegas Madoly, partai bisa bertindak untuk pemberhentian (pecat) yang bersangkutan dari partai.


"Kita akan menyurati DPD untuk mengambil tindakan. Karena didalam struktur organisasi PDI-P, dia (Sami Latbual) tidak masuk dalam pengurus di DPC maupun DPD. Sehingga kita juga memiliki kewenangan untuk memanggil yang bersangkutan atas nama partai. Tetapi dalam kepengurusan partai dia tidak termasuk, ungkap Madoly lagi. (BN-07)

loading...

TerPopuler