Dit Pam Obvit Polda Maluku Gelar Sosialisasi Sistem Pengamanan Tempat Wisata

Dit Pam Obvit Polda Maluku Gelar Sosialisasi Sistem Pengamanan Tempat Wisata

Jumat, 16 Oktober 2020,

Ambon, Bedahnusantara.com: Guna meningkatkan kualitas pengamanan tempat atau objek wisata di daerah Provinsi Maluku, maka Direktorat Pengamanan Objek Vital (Dit Pam Obvit) Polda Maluku bersama dinas pariwisata provinsi menggelar sosialisasi dengan beberapa Pengelola tempat wisata termasuk juga para penjual makanan pada tempat wisata yang ada di pulau Ambon.

Kegiatan Sosialisasi Pengamanan Objek Wisata


Dalam Pemaparannya, Salim Sulaiman.S.E.,M.A.P, Kabid Ekraf Dinas Pariwisata Provinsi Maluku menyatakan sosialisasi yang dilakukan ini guna meningkatkan pengawasan bagi kami di dunia pariwisata,sangat diharapkan sekali ada dukungan dari seluruh rugulasi terkait dalam membantu program yang akan dijalankan.


Program yang akan dijalankan yakni menjaga keselamatan,kenyamanan para pengunjung di tempat-tempat wisata yang dikunjungi. Sebab berdasarkan data yang ada jumlah kunjungan wisatawan ke indonesia terdapat sebanyak 20-30%, Olehnya pemerintah bekerja sama dengan semua pihak terkait mengupayakan agar adanya perubahan yang lebih baik dalam tata kelola managemen pariwisata, dan memberi perhatian serta pelayanan yang lebih baik lagi khususnya dari segi keamanan dan kenyamanan kepada wisatawan yang datang berkunjung di semua tempat wisata.


Menurutnya, program tersebut diangkat sesuai aturan dan UU kepariwisataan No 10 tahun 2009 dan UU no 8 tahun 1999, namun yang lebih menjadi prioritas kami adalah penerapan UU No 8 1999 pasal 4 diantaranya berbicara terkait hak-hak konsumen pemakai jasa pariwisata.


Selain itu lanjutnya, rencana strategis  dan sasaran atau target pembangunan pariwisata di Maluku 2019-2024, adalah dengan mewujudkan pariwisata Maluku yang berdaya saing berbasis bahari,sejarah dan kearifan budaya, serta yang mendorong pembangunan gugus kepulauan serta kesejahteraan rakyat yang berkelanjutan.


Dalam tugas dan fungsinya lanjut Salim, pariwisata Provinsi Maluku memiliki 4 pilar pedoman kerja yakni; Peningkatan daya saing industri dab ekosistem usaha paruwisata, Peningkatan aksebilitas,amenitas,atraksi dan tata kelola destinasi pariwisata, Peningkatan kualitas SDM pariwisata, Penguatan citra pariwisata dan difersifikasi pemasaran


"kami dinas pariwisata sangat mengharapkan kerjasama yang baik dari semua pihak dan elemen yang ada termasuk terkait regulasi, baik itu dari pihak Pam Obvit maupun dari semua pelaku usaha dan objek wisata yang ada di Maluku. Dengan tujuan dari strategi ini adalah sebagai bentuk kolaborasi dalam mewujudkan pariwisata Maluku berkelas di mata dunia,"paparnya.


Oleh karena itu dalam mematuhi program pemerintah terkait protokol kesehatan, kami tetap menjalankan sesuai aturan yang berlaku,demi untuk memutuskan mata rantai pamdemi Covid-19. Dan pada tahun 2021 nanti, program peningkatan pengawasan baik di point keamanan,kenyamanan akan kami fokuskan,agar semua pengunjung yang mengunjungi tempat-tempat wisata dapat terjamin aman dan tentram.


Selain itu semua tempat wisata yang kurang fasilitas maupun gasebo penjajak makanan akan kami lengkapi agar kenyaman bagi para penjajak makanan juga dapat mereka semua miliki.


Menanggapi semua hal yang di sampaikan dari dinas pariwisata Provinsi Maluku, pihak Dit Pam Obvit Polda maluku lewat Kasub dit Waster Obvit Polda Maluku, AKBP Arafa,S.E" menyatakan bahwa, pihaknya sangat mendukung semua program dari dinas pariwisata provinsi dalam menigkatkan program dunia pariwisata .


" Berkaitan dengan keamanan,kenyamanan pada semua tempat wisata akan diutamakan, yakni lewat program sosialisasi dengan melibatkan perangkat Negeri setempat .juga dari instansi terkait. Satpol-PP , Dinas Perhubungan dan Dinas Parwisata. "Program Keamanan Terpadu". 


Semua ini kami lakukan jelasnya, hanya untuk menghindarkan kita semua dari persoalan yang akan terjadi ditempat wisata dalam konteks mencegah adanya minuman beralkohol,tawuran,penertiban kendaraan, termasuk penyebaran Virus Covid-19 dan yang lainnya. Tutupnya (BN-06)

loading...

TerPopuler