Kembalikan Permainan Tradisional, Museum Siwalima Gelar Berbagai Lomba

Kembalikan Permainan Tradisional, Museum Siwalima Gelar Berbagai Lomba

Rabu, 14 Oktober 2020,

Maluku,Bedahnusantara.com:Untuk mengembalikan permainan tradisional, Museum Siwalima Provinsi Maluku menggelar lomba egrang batok dan lompat karung, 



Lomba yang dilaksanakan dibawah sorotan tema 'Melestarikan permainan tradisional' dan sub tema 'Melalui permainan tradisional kita tingkatkan produktivitas anak di tengah pandemi Covid-19' yang berlangsung di Museum Siwalima Provinsi Maluku, Rabu (14/10/2020).


Kepala Museum Siwalima Jean Saiya mengatakan, lomba egrang batok dan lompat karung yang dilaksanakan Museum Siwalima 

dalam memperingati Hari Museum Nasional pada tanggal 12 Oktober 2020.


"Museum merupakan rumah peradaban bangsa dari museum kita belajar mencerdasan anak-anak Maluku khususnya Kota Ambon dengan memanfaatkan bahan-bahan alam untuk menciptakan permainan tradisional yang ada," ujarnya .


Selama ini, kata dia, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi begitu pesat, sehingga mempengaruhi anak-anak dalam mengembangkan permainan tradisional.


 "Pada saat ini, anak-anak ditawarkan dengan kemajuan teknologi yang dapat membuat anak-anak lupa akan permainan tradisional yang pernah dikembangkan oleh orang tua secara turun temurun," paparnya.


Dia menjelaskan, Museum Siwalima merasa bertanggung jawab untuk mengembangkan kecintaan anak-anak terhadap permainan tradisional melalui lomba egrang batok bagi siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) dan lompat karung bagi siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Ambon selama pandemi Covid-19.


"Kita berupaya mengisi aktivitas anak-anak di masa pandemi Covid-19, karena selama pandemi anak-anak harus belajar dari rumah sehingga, mereka merasa jenuh terhadap aktifitas yang ada," terangnya.

 

Untuk diketahui, permainan tradisional yang dilaksanakan di Museum Siwalima dibiayai oleh dana alokasi khusus non fisik museum dan bantuan operasional museum dan taman budaya, karena itu setiap peserta yang mendapat juara diberikan hadiah sepeda, piala dan sertifikat.( BN-02)

loading...

TerPopuler