Dokumen Kerja Panitia Tanpa Tanda Tangannya, Noke Kesaulija Pertanyakan Keabsahan Berita Acara Tersebut

Dokumen Kerja Panitia Tanpa Tanda Tangannya, Noke Kesaulija Pertanyakan Keabsahan Berita Acara Tersebut

Minggu, 04 Oktober 2020,

Ambon, Bedahnusantara.com: Sikap dan tindakan tidak profesional dari panitia penjaringan bakal calon Raja Negeri Siri Sori Amalatu dibawah komando Johanis Kakisina ternyata menibulkan dampak buruk bagi lahirnya pemimpin yang defenitif di Negeri tersebut.

Noke Kesaulija, Penjabat Raja Negeri Siri Sori Amalatu


Bagaimana tidak semua kerja-kerja kepanitiana penjaringan selama ini oleh team yang beranggotakan Sami Tutuhatunewa (Sekretaris) Anggota 1. Rita Ketsia Pelupessy/K, Anggota 2. Marice Liklikwatil, Anggota 3. Julius Tutuhatunewa, bersama empat orang anggota lainnya. Sama sekali tanpa ada pemberitahuan kepada Penjabat Raja Negeri Siri Sori Amalatu, Noke Kesaulija.


Tak hanya sampai disitu, segala bentuk kinerja kepanitiaan selama ini tidak pernah mengikuti dan tidak pernah mengindahkan (menghormati/menghargai) kapasitas dan otoritas yang dimiliki oleh Penjabat Raja Negeri Siri Sori Amalatu Noke Kesaulija.


Dalam wawancara dengan Penjabat Negeri Siri Sori Amalatu, Noke Kesaulija. Media Bedahnusantara.com, mendapati fakta bahwa selama ini kepanitiaan yang telah dilantik tidak pernah memiliki skejur/Jadwal kerja yang jelas dalam melakukan proses penjaringan hingga pemilihan Raja Negeri Siri Sori Amalatu.



" Dorang (mereka) pihak panitia tersebut saat bekerja tidak memiliki skejur/Jadwal kerja yang pasti, mulai dari pentahapan penjaringan hingga dengan proses pemilihan sama sekali tidak ada," Ungkap Kesaulija.


Selaku pemimpin di Negeri, Kesaulija telah berulang kali mengingatkan pihak panitia untuk melakukan skejur/Jadwal kerja yang kemudian dapat dipakai sebagai pedoman dalam semua proses yang ada.



" beta bahkan saat melantik dorang (mereka/Panitia), telah memberikan himbauan dan peringatan kepada kepanitiaan terutama kepada ketua panitia untuk melakukan atau membuat skejur/Jadwal kerja yang baik dan benar, mulai dari awal penjaringan hingga pemilihan Raja, akan tetapi semua itu sama sekali tidak dibuat oleh kepanitiaan,"



Selain itu lanjutnya, saya secara pribadi ingin menyatakan bahwasannya, saya selaku penjabat Raja tidak pernah merekayasa proses penjaringan dan pentahapan Raja Negeri Siri Sori Amalatu. Sebab semua rekayasa itu adalah hasil kerja dan perbuatan panitia penjaringan.



" saya ingin menegaskan bahwa bahasa media, terkait indikasi rekayasa proses penjaringan Raja Negeri Siri Sori Amalatu yang dilakukan oleh penjabat Raja itu adalah sungguh tidak benar. Mengapa? sebab semua proses pentahapan tanpa kejelasan Skejur kerja dan sampai pada terjadinya hal-hal yang tidak benar didalamnya, itu murni merupakan perbuatan panitia. Sebab selama ini semua proses pentahapannya tidak pernah diketahui atau bahkan dilaporkan kepada saya,".



Bahkan hal yang sangat aneh dan tidak pada proseduralnya, adalah bahwa ketika pihak bagian pemerintahan Kabupaten Maluku Tengah melakukan sosialisasi terkait Perda dan Perneg, berkas Pencalonan Raja Negeri Siri Sori Amalatu ini, langsung diserahkan oleh kepanitiaan tanpa diketahui dan ditanda tangani oleh saya selaku pimpinan di Negeri.



Olehnya sekali lagi saya ingin mempertanyakan apakah SAH jika sebuah proses dan dokumen berita acara pentahapan penjaringan Calon Raja Negeri Siri Sori Amalatu diproses tanpa ditanda tangani oleh Penjabat Negeri.



" saya mempertanyakan keabsahan dokumen dan berita acara tersebut, sehingga saya berharap pihak media juga dapat mengkonfiormasikan hal ini kepada pihak Kabag Pemerintahan Kabupaten Maluku Tengah, agar semua prosesnya bisa berjalan secara benar," Tutupnya. 


Untuk diketahui Kepanitiaan Penjaringan Raja Negeri Siri Sori Amalatu ini dipimpin oleh Johanis kakisina (ketua) Sami Tutuhatunewa (Sekretaris) Anggota 1. Rita Ketsia Pelupessy/K, Anggota 2. Marice Liklikwatil, Anggota 3. Julius Tutuhatunewa, bersama empat orang anggota lainnya.(BN-08)

loading...

TerPopuler