Klasis GPM Pulau Ambon Gandeng Green Moluccas Laksanakan Workshop

Klasis GPM Pulau Ambon Gandeng Green Moluccas Laksanakan Workshop

Jumat, 16 Oktober 2020,

Ambon,Bedahnusantara.com:Klasis GPM Pulau Ambon gandeng  komunitas Green Moluccas melakaanakan workshop pemuda gereja tentang lingkungan hidup dan Bank Sampah. 



Workshop melibatkan 59 peserta dari 23 jemaat  dengan tujuan  pemuda gereja menyadari sungguh bahwa lingkungan di mana ia hidup adalah anugerah Tuhan bagi kehidupan manusia sehingga, harus dijaga, dipelihara dan dilestarikan dengan baik bukan bagi dirinya sendiri tetapi juga bagi generasi penerus.


Founder Green Moluccas Irene Sohilait sebagai pembicara dengan tema 'dampak sampah dan penanganannya serta manfaat Bank Sampah bagi pengembangan ekonomi generasi muda ke depan'.


"Bagaimana kita dapat mengembangkan sampah sebagai sumber ekonomi masyarakat," ucapnya.


Usai melakukan workshop dilakukan kegiatan turun ke lapangan dengan melakukan aksi pembersihan sampah dari hutan mangrove di BTN Passo Indah.


"Para pemuda melakukan aksi bameti sampah” atau memungut, memilah dan menimbang sampah yang diambil dari hutan mangrove di BTN Passo Indah sebanyak 154,5 kilo gram," ungkapnya.


Dia menjelaskan, para peserta juga dilatih cara mendaur ulang sampah plastik menjadi bahan bernilai ekonomis, seperti membuat ecobrik yang dapat berfungsi sebagai meja dan kursi, juga membuat dompet dan gantungan kunci. Selain itu, para peserta juga diajarkan cara membuat lubang resapan biopori serta proses pembuatan kompos organik. 


"Kita ajarkan agar, semua sampah yang tidak terpakai dapat diolah kembali sebagai bahan yang bernilai ekonomis," terangnya.


Diharapkan, para pemuda Gereja Protestan Maluku dapat berperan aktif sebagai agen perubahan di tengah masyarakat untuk sadar, peduli dan kritis terhadap kondisi lingkungannya. 


"Hal ini dapat menjadi lifestyle positif yang mewabah di kalangan pemuda Maluku untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik," harapnya.( BN-02)

loading...

TerPopuler