86 Warga Kota Ambon Jalani Rapid Test Ditempat

86 Warga Kota Ambon Jalani Rapid Test Ditempat

05 Januari 2021,

Ambon,Bedahnusantara.com:Sebanyak 86 warga Kota Ambon jalani rapid tes ditempat



Akui Koordinator Fasilitas Umum, Richard Luhukay kepada wartawan di Balai Kota Ambon usai melakukan operasi yustisi pada kawasan Jalan Pattimura dan Talake, Senin (04/01/2021).


Dari hasil rapid test ditempat 13 warga dinyatakan reaktif dan 73 warga dinyatakan non reaktif dalam operasi yustisi awal tahun 2021.


Sebagian besar warga yabg melaksanakan rapid test karena, tidak menggunakan masker saat melaksanakan aktifitas di luar rumah.


"13 warga yang reaktif langsung diarahkan Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 gencar melaksanakan swab test pada Dinas Kesehatan Kota Ambon," terangnya.


Dia mengatakan, dengan pelaksanaan rapid test ditempat diketahui banyak warga yang belum menerapkan protokol kesehatan, padahal kondisi Kota Ambon masih berada pada zona orange.


"Saya kaget melihat warga Kota Ambon yang tidak menggunakan masker," katanya.


Dia mengakui, warga Kota Ambon tidak melaksanakan protokol kesehatan.


"Dari hasil operasi yustisi kita ketahui masih banyak warga yang belum melaksanakan protokol kesehatan secara baik dalam hal penggunaan masker," ungkapnya.


Dia menjelaskan, pada tahun 2020 lalu, banyak warga yang sadar akan protokol kesehatan berbeda dengan tahun 2021.


"Pada tahun 2020 lalu, banyak warga yang patuh terhadap protokol kesehatan, tapi awal tahun ini ternyata banyak yang tak patuh. Karena mereka berpikir Covid-19 hanya ada di tahun 2020, dan tahun 2021 kita sudah hidup normal," terangnya.


Dia berharap, ada kepedulian warga Kota Ambon untuk tetap menerapkan 4M diantaranya menjaga jarak, menggunakan masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan.


"Kita akan tetap melakukan sosialisasi bahwa pentingnya 4M bagi kesehatan masyarakat," tandasnya.( BN-02)

TerPopuler