Angka Terkonfirmasi Covid-19 di Maluku Terus Menurun

Angka Terkonfirmasi Covid-19 di Maluku Terus Menurun

24 November 2021,

Maluku,Bedahnusantara.com:Meskipun angka terkonfirmasi Covid-19 di dunia mengalami peningkatan drastis, namun di Maluku maupun Kota Ambon secara khusus angka terkonfirmasi Covid-19 mengalami penurunan.



Hal ini berdasarkan data yang dimiliki Provinsi Maluku pada tanggal 20 November tahun 2021 tidak ada pasien yang dinyatakan terkonfirmasi kasus Covid-19 bahkan, untuk Kota Ambon berada pada zona hijau.


Dengan berada pada zona hijau menandakan tingkat perekonomian masyarakat telah berjalan dengan baik dan penanganan Covid-19 di Kota Ambon semakin terkendali. 


Penurunan jumlah kasus Covid-19 di Maluku atas kerjasama yang baik antara Pemerintah, masyarakat dan stake holder dalam menerapkan protokol kesehatan bahkan, semua masyarakat telah membantu melaksanakan vaksinasi Covid-19 secara baik.


Vaksinasi Covid-19 di Maluku harus mencapai 70 persen untuk dosis pertama sementara dosis kedua harus mencapai 50 persen agar, kita dapat memperoleh herd immunity.


Vaksinasi secara gencar dilakukan bagi lanjut usia (lansia), masyarakat umum dan anak usia remaja, sehingga mereka memperoleh herd immunity agar terhindari Covid-19.


Selain itu, sistem door to door maupun sistem jemput bola dilakukan Pemerintah, TNI dan Polri untuk mencapai target 100 persen vaksinasi Covid-19 di Maluku agar tercapai herd immunity.


Satuan tugas Covid-19 Provinsi Maluku terus mencermati perkembangan dalam menghadapi pandemi Covid dengan cara bersatu, saling mendukung, saling menjaga untuk NKRI dengan menjaga agar, masyarakat tetap sehat dan terhindar dari pandemi Covid-19.


Sampai saat ini pemerintah provinsi maupun pemerintah kota terus berupaya menurunkan angka pandemi Covid-19 dengan berbagai cara diantaranya, dengan tetap menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan. Meskipun dilain pihak ada pintu masuk dan keluar yang tetap menjadi perhatian agar, tidak menambah angka pandemi Covid-19 di Maluku.


Pemerintah Kota Ambon optimis Kota Ambon bisa masuk Zona Hijau.  


Tegas Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz, kepada sejumlah insan pers,.


Dia menjelaskan, saat ini kota Ambon masih berada di Zona kuning (Resiko Rendah) pada Peta Resiko penyebaran Covid-19 Provinsi Maluku dengan skor 2.92 hanya terpaut 0,08 persen dari batas skor zona hijau. 


“Pada minggu kemarin kita ada di skor 2.92, memang masih Zona Kuning, tapi kita optimis dalam dua minggu kedepan kita akan masuk di zona hijau dengan skor paling rendah 3.01,” katanya.


Meski saat ini tidak ada kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kota Ambon, Jubir menghimbau masyarakat agar tidak lengah dan tetap disiplin protokol kesehatan. 


“Masyarakat tetap menjaga kesehatan selama pandemi Covid-19," tandasnya. (  BN-02)

TerPopuler