PDIP Maluku Target Dua Kursi DPR-RI

PDIP Maluku Target Dua Kursi DPR-RI

23 November 2021,

Maluku,BedahNusantara.Com - Banyak partai politik yang sementara memperbaiaki rangking untuk memenangkan perhelatan pemilu legislatif 2024 mendatang, tidak membuat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) besutan Megawati Soekarno Putri ini khawatir, kursinya akan direbut oleh partai lainnya.



Dengan berbekal ciri khas berwarna merah dan mempunyai kader yang munpuni dan sudah teruji dengan mempunyai satu keterwakilan di DPR-RI saat ini,  membuat partai berlambangkan banteng bermoncong putih ini, menargetkan akan merebut dua kursi sekaligus, dari jatah empat kursi yang disediakan untuk daerah pemilihan (dapil) Provinsi Maluku.

Lantas, untuk mendapatkan target yang sudah ditentukan, strategi apakah yang akan digunakan partai pemenang pemilu legislatif tahun 2024 mendatang?

Menurut Wakil Ketua DPD PDIP Maluku, Benhur G. Warubun, sudah tentu partai lain mempunyai perhitungan yang cermat dan matang. Tetapi pada pemilu di era reformasi ini, dari Dapil Maluku, PDIP selalu mendapat kursi ke DPR-RI.

"Partai lain juga perhitungan yang matang dan cermat. Tapi di era reformasi ini, PDIP tidak pernah alpa mendapatkan kursi DPR-RI," ungkap Banhur, Selasa (23/11).

Lebih jauh dikatakannya, sebagai bukti nyata bahwa PDIP Maluku tidak pernah absen di DPR-RI, dengan terpilihnya Mercy Barends di senayan selama dua periode berturut-turut.

"Buktinya nyata. Dia (Mercy) sudah dua kali mewakili PDIP dari Maluku ke DPR-RI. Itu berarti, kader PDIP masih layak, karna bisa memanfaatkan waktu resesnya dengan baik, dengan cara turun langsung ke dapilnya dan menyerap langsung aspirasi masyarakat yang ada, untuk diperjuangkan di DPR-RI, sekaligus memberikan atau mendistribusikan bantuan yang bermanfaat bagi masyarakat. Kalau tidak, maka kita (PDIP Maluku) tidak mempunyai keterwakilan di DPR-RI," ungkapnya.

Selain Mercy Barends, lanjut Benhur, PDIP Maluku juga memiliki kader potensial yang cukup mumpuni untuk dipersiapkan guna mencapai target dua kursi di DPR-RI.

"Selain Ibu Mercy, Bendahara DPD PDIP Provinsi Maluku, Lucky Wattimury, yang saat ini menjabat Ketua DPRD Maluku dan Sekretaris DPD PDIP Maluku, Edwin Huwae, saat ini menjabat anggota DPRD Maluku, juga merupakan dua kader terbaik PDIP Maluku, yang dipersiapkan merebut kursi DPR-RI pada pemilu legislatif tahun 2024 mendatang," terangnya.

Menurut Benhur, PDIP Maluku tetap dikenal sebagai partai yang memiliki stok kader yang potensial, serta dipersiapkan diberbagai posisi, baik itu eksekutif maupun legislatif.

"Kader kita potensial dan mereka disiapkan untuk berbagai tingkatan. Itu bisa dilihat dari pola kaderisasi partai yang panjang. Karna itu, Ibu Mercy dan rekan yang lain dipersiapkan untuk memperrahankan posisi kursi DPR-RI," tegasnya.

Lebih jauh Benhur mencontohkan, perolehan suara Mercy Barends pada pemilu legislatif 2019 lalu, sangatlah signifikan. "Saat itu Ibu Mercy mendapat suara terbanyak yakni 88 ribu suara. Itu suara personal. Kita akan genjot agar perolehan suara PDIP bisa lebih dari 100 ribu. Jadi Ibu Mercy kita dorong dapat satu kursi, nantinya tiga caleg PDIP lainnya bisa berkompetisi untuk meraih 1 kursi DPR-RI dari dapil Maluku. Dengan demikian target dua kursi akan terwujudkan," katanya.

Untuk diketahui, pada pemilu legislatif 2019 lalu, PDIP meraih peringkat pertama perolehan suara terbanyak, diikuti Partai NasDem diurutan kedua, PKS pada urutan ketiga, dan partai Gerindra pada urutan keempat, dimana mereka yang terpilih duduk di kursi DPR-RI adalah Mercy Barends (PDIP), Abdullah Tuasikal (NasDem), Saadiyah Uluputty (PKS) dan Hendrik Lewerissa (Gerindra). (B)

TerPopuler